Dalam mempresentasikan produk atau jasa kita kepada prospek, kita perlu menunjukkan keunikan produk atau layanan kita kepada calon pembeli kita. Keunikan ini penting untuk menunjukkan kelebihan produk atau layanan kita dibandingkan dengan produk atau layanan pesaing.

Beberapa pemikiran mengenai pentingnya membuat perbandingan dalam presentasi kepada calon pelanggan adalah

  1. Tujuan
    Tujuan membuat perbandingan antara produk kita dengan pesaing adalah menunjukkan keunikan produk kita dibandingkan produk pesaing. Dengan menunjukkan keunikan produk atau jasa kita maka kita menunjukkan kelebihan produk kita dibandingkan dengan produk pesaing.
  2. Penulisan nama pesaing
    Dalam menuliskan nama pesaing kita, kita harus menggunakan inisial misal PT B, PT C dan seterusnya
  3. Tidak bersaing pada harga
    Dengan menunjukkan keunikan produk kita, maka kita tidak tertekan untuk bersaing pada harga. Tentu saja harga kita juga tidak boleh terlalu mahal, paling tidak jika harga kita sedikit lebih mahal daripada pesaing maka kita tidak perlu menurunkan harga karena kita memiliki keunikan atau proposi khusus mengenai produk dan jasa kita.
  4. Sesuai kebutuhan calon pelanggan
    Sangat baik jika keunikan yang kita sampaikan adalah sesuai kebutuhan pelanggan.
    Misal ada pelanggan yang membutuhkan layanan yang terus menerus, di sini PT Proweb Indonesia mempunyai keunikan yaitu setia melayani selama 15 tahun dalam layanan pembuatan website untuk perusahaan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »