Pemasaran yang baik adalah pemasaran yang berorientasi pelanggan. Pemasaran berorientasi pelanggan berarti mengembangkan produk-produk yang memang dibutuhkan pelanggan. Meskipun terlihat sederhana, pemasaran berorientasi tidak terjadi begitu saja. Berikut perjalanan pemasaran berorientasi pelanggan.

Perjalanan pemasaran berorientasi pelanggan adalah:

  1. Konsep produksi
    Pada era ini yang terpikir adalah asal kita membuat produk bagus pasti laku. Perusahaan membuat produk yang bagus kemudian meletakkannya dalam katalog. Pelanggan akan datang untuk membeli. Pada konsep produksi ini tidak ada aktivitas pemasaran maupun penjualan.
  2. Konsep penjualan
    Pada era ini banyak produk yang sama yang diproduksi oleh berbagai perusahaan. Perusahaan kemudian menyadari bahwa perusahaanlah yang harus mendatangi pelanggan. Peusahaan kemudian melakukan pemasangan iklan dan membuat team penjualan. Team penjualan inilah yang akan mencari pelanggan. Team penjualan akan diberikan training bagaimana memahami produk yang dijual dan bagaimana menjual kepada calon pelanggan. Pada era konsep penjualan ini lebih berorientasi pasar.
  3. Konsep pemasaran
    Persaingan penjualan semakin ketat sehingga mereka mulai masuk ke penjualan berdasarkan kebutuhan pelanggan. Pada konsep pemasaran ini, kita akan melakukan riset kebutuhan pelanggan. Hasil riset ini kemudian dibuat produk dan jasa yang memenuhi kebutuhan pelanggan dengan harga yang terjangkau.
    Fokus pada pemasaran yang berorientasi pelanggan ini adalah
    a. Berorientasi kepada pelanggan
    b. Berorientasi kepada profit penjualan, bukan hanya volume penjualan
    c. Semua aktivitas pemasaran harus dikoordinasikan dengan baik

Perusahaan perlu melakukan evaluasi filosofi penjualannya apakah masih di konsep produksi, konsep penjualan ataukah sudah berada di konsep pemasaran. Jika masih di konsep produksi ataupun konsep penjualan, perusahaan harus pelan-pelan membuat produk dan jasa yang berorientasi kepada permasalahan dan kebutuhan pelanggan. Jika perusahaan bisa menemukan permasalahan pelanggan, membuat solusi dengan biaya terjangkau dan masih profit maka perusahaan mempunyai kesempatan berkembang.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Perkembangan pemasaran berorientasi pelanggan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday