Proses penjualan atau sales process adalah prospekting, mendapatkan waktu presentasi kemudian dilanjutkan mempersiapkan presentasi dan melakukan presentasi.

Salah satu aktivitas penting dari prosecting adalah kunjungan ke prospek. Kunjungan ini dapat merupakan sales interview, meeting awal maupun meeting lanjutan. Kunjungan cukup banyak menghabiskan waktu baik di jalan, menunggu maupun metting itu sendiri. Bagi prospek meeting juga menggunakan waktu mereka. Di sisi lain kunjungan ini membuka peluang besar bagi penjualan. Oleh karena itu kita harus menggunakan waktu ini dengan baik.

Suatu survei melaporkan bahwa proses penjualan yang berhasil ditentukan dari 40% persiapan, 20% presentasi dan 40% follow up atau tindak lanjut. Dari sini kita melihat pentingnya melakukan persiapan dan follow up karena memegang peranan masing-masing 40%.

Dengan demikian kita harus menyiapkan:

  1. Persiapan
    Karena proses persiapan memegang 40% keberhasilan, maka kita perlu mempersiapkan meeting dengan baik. Hal-hal yang perlu kita persiapkan antara lain:

    a. Profile dari prospect
    Kita dapat mencari profile prospek dari internet dengan mengunjungi website prospek. Kita dapat melakukan searching misal di Google untuk mendapatkan website mereka. Pelajari produk, lokasi perusahaan, lokasi pabrik, cabang dan lain-lain

    b. Kontak person
    Kita harus memahami dengan siapa kita akan berbicara dan posisi pada perusahaan tersebut. Ini berkaitan dengan informasi yang akan kita bicarakan

    c. Produk atau jasa yang  sesuai dengan kebutuhan mereka
    Kita harus mempersiapkan produk atau jasa yang mereka butuhkan

  2. Saat meeting
    Saat meeting kita akan menggali kebutuhan mereka. Tentu kita sudah membuat perkiraan kebutuhan mereka dalam persiapan. Kita berharap kebutuhan mereka sudah kita pelajari dalam proses persiapan, kalaupun ternyata ada kebutuhan baru kita dapat menyesuaikan dengan kebutuhan baru tersebut.
  3. Follow up
    Proses folllow up memegang 40% keberhasilan, oleh karena itu kita juga harus merancang langkah follow up yang baik dan sistematis.
    Sambil melakukan follow up, kita juga menjalin hubungan yang baik dengan prospek kita.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Persiapan, presentasi dan follow up
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday