Dalam melakukan penjualan, ada beberapa jenis penjualan yaitu:

  1. Penjualan retail
    Penjualan retail adalah penjualan kepada perorangan bukan kepada institusi bisnis.
    Contoh penjualan retail adalah penjualan dalam toko.  Saat pembeli datang maka sales akan melayani pembeli hingga terjadi penjualan.
    Penjualan retail juga bisa dilakukan melalui telepon. Pelanggan menghubungi nomor telepon penjual, dan penjual mengirimkan barang kepada pembeli.
  2. Penjualan langsung
    Dalam penjualan langsung sales akan menghubungi pelanggan satu-persatu. Contoh penjualan langsung adalah MLM (multi level marketing).
  3. Penjualan ke grosir
    Penjualan ini merupakan penjualan ke jalur distribusi. Sales akan menghubungi master dealer atau dealer untuk memasarkan produknya. Dealer ini akan menjual ke pembeli akhir.
  4. Penjualan ke pabrik
    Sales akan menghubungi pabrik untuk memasarkan produknya. Perusahaan ini menjual barang-barang industri yang dijual kepada perusahaan-perusahaan industri pula. Pada penjualan ke pabrik ini biasanya disertai sales engineer yang mengerti produk secara detail.
    Penjualan secara tidak langsung melalui dokter juga termasuk kategori ini. Penjual akan membujuk dokter untuk menulis produk mereka dalam resep. Penjualan yang benar-benar terjadi adalah saat pasien membeli obat pada apotik.
  5. Penjualan order-taker.
    Contoh penjualan order taker adalah restoran. Pelanggan akan memilih makanan yang akan dibeli kemudian diberika kepada petugas yang melayani.

Bagi anda yang senang membantu orang lain, senang membantu pelanggan, senang memberikan solusi kepada orang lain, silahkan memilih menjadi sales dari beberapa jenis penjualan yang anda senangi. Karena jika anda menyenangi suatu pekerjaan, maka hasilnya akan maksimal.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jenis pekerjaan penjualan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday