Ketika kita melakukan presentasi kepada calon pembeli, kita harus memperhatikan elemen-elemen dalam presentasi. Elemen-elemen dalam presentasi ini disebut Sales Presentation Mix.

Elemen-elemen dalam Sales Presentation Mix adalah

  1. Komunikasi yang persuasif
    Pada komunikasi persuasif ini kita dapat menggunakan teknik SELL (Show feature, Explain benefit, Lead into benefit, Let customer talk). Penggunakan logika yang baik juga membantu melakukan komunikasi yang persuasif. Untuk trial close kita dapat melakukan suggestion.
    Untuk membuat suasana supaya akrab, kita dapat membuat presentasi lebih fun atau menyenangkan. Sangat bagus lagi jika kita sudah menyiapkan perkiraan kebutuhan prospek dan membuat presentasi lebih terasa personal/mengena. Pada komunikasi persuasif ini juga arahkan untuk dapat membangun kepercayaan.
    Tentu saja kita harus dapat mengendalikan presentasi kita supaya sesuai dengan maksud dan tujuan, jangan sampai pembicaraan melebar ke mana-mana
  2. Partisipasi dari prospek
    Tanpa partisipasi prospek, mungkin akan menjenuhkan bagi prospek. Jika prospek dilibatkan, maka prospek akan lebih mengikuti dan memahami apa yang kita presentasikan. Untuk dapat menggugah partisipasi prospek kita dapat mengajukan pertanyaan sesuai kebutuhan mereka.
  3. Pembuktian
    Pembuktian terhadap apa yang kita katakan akan lebih meningkatkan kredibilitas kita. Pembuktian dapat dilakukan dengan mengutip pihak lain yang memang memiliki otoritas, pembuktian dapat juga dilakukan dengan membuat perhitungan-perthitungan di atas kertas, pembuktian juga dapat dilakukan dengan menampilkan testimoni dari pelanggan-pelanggan yang telah menggunakan produk dan jasa kita.
  4. Tampilan yang menarik
    Dalam melakukan presentasi kita dapat menggunakan software Microsoft PowerPoint dan disertai gambar-gambar yang relevan dan menarik. Presentasi dengan PowerPoint ini akan lebih memudahkan menyampaikan poin-poin yang akan kita sampaikan.
  5. Dramatisasi
    Kita dapat embuat suatu dramatisasi produk kita untuk meyakinkan prospek bahwa produk kita adalah produk terbaik.
  6. Demonstrasi
    Kita juga dapat melakukan suatu demonstrasi untuk suatu feature yang dibutuhkan oleh prospek. Tujuannya sama yaitu untuk meyakinkan prospek mengenai kualitas produk kita.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.