Staf sales merupakan ujung tombak untuk mendatangkan pendapatan bagi perusahaan. Hal ini menjadikan sales menjadi posisi penting bagi perusahaan. Karena pentingnya posisi sales, maka perusahaan harus mencari dan mendapatkan sales yang benar-benar memiliki keahlian seorang sales.

Keahlian wajib seorang sales adalah

  1. Keahlian konseptual
    Seorang sales harus bisa berpikir secara keseluruhan. Sales harus mengerti kesinambungan antara produk perusahaan, mengerti target pelanggan, mengerti kebutuhan pelanggan secara khusus, mengerti bagaimana proses pembelian dari setiap pelanggan. Dari informasi kesinambungan ini, sales dapat membuat perencanaan, membuat presentasi dan menyampaikan presentasi kepada pelanggan sesuai dengan informasi-informasi yang berhasil dikelola.
  2. Kemampuan Interpersonal
    Sales akan berhubungan dengan pihak-pihak calon pembeli. Sales akan berhadapan orang lain dengan berbagai tipe dan jabatan. Sales juga akan mengkoordinasikan antara pihak-pihak perusahaan dengan pelanggan. Dengan demikian kemampuan interpersonal skill merupakan keharusan bagi seorang sales
  3. Kemampuan secara teknis
    Sales akan membuat presentasi dan kemungkinan akan melakukan demo suatu produk.
    Dalam melakukan presentasi dia harus menguasai komputer dan juga program yang digunakan dalam presentasi. Jadi seorang sales harus menguasai teknik penggunaan komputer dan menguasai software yanng digunakan. Tentu saja ada hal-hal terkait kemampuan menggunakan komputer yang di luar kemampuannya.
    Sales juga mungkin melakukan demo mengenai produk perusahaan. Saat melakukan demo, tentu ada pengetahuan teknis tertentu yang harus dia kuasai. Ada bagian yang wajib diketahui sales, ada bagian yang wajib dikuasai teknila support.

Perusahaan harus mendapatkan sales yang berkualitas. Bagaimana cara mendapatkan sales yang berkualitas ? Perusahaan mencari sales yang berkualitas, maka sales juga mencari perusahaan yang berkualitas. Dengan demikian perusahaan juga harus dapat meyakinkan salesnya bahwa perususahaan mempunyai produk yang berkualitas.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Keahlian wajib seorang sales
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday