Setelah seorang sales menentukan prospek, sales kemudian merencanakan panggilan. Perencanaan untuk melakukan panggilan ini disebut preapproach.

Seorang sales yang memiliki performance tinggi biasanya seorang problem solver yang penting bagi pelanggan-pelanggannya. Sales ini memiliki kemampuan yang tinggi dalam

  1. Menggali kebutuhan pelanggan.
    Selain menggali sales juga mengerti kebutuhan pelanggan-pelanggannya. Sales ini pandai dalam mengejukan pertanyaan-pertanyaan jitu yang membuat pelanggannya mudah mengungkapkan kebutuhannya. Seorang sales yang hebat adalah seorang yang pandai mengajukan pertanyaan.
  2. Mengembangkan solusi
    Setelah dapat menggali kebutuhan pelanggan, seorang sales akan mencari solusi kreatif untuk dapat membantu pelanggan-pelanggannya.

    Solusi ini bisa berupa solusi khusus yang dibuat untuk pelanggan tersebut atau menggabungkan beberapa produk dan jasa yang akan memberikan solusi kreatif bagi pelanggan tersebut.

  3. Datang dengan kerjasama saling menguntungkan
    Seorang sales yang pandai menggali kebutuhan pelanggan dan juga memecahkan solusinya akan disambut pelanggan dan akan menghasilkan kerjasama yang saling menguntungkan. 

Tiga hal ini menggali kebutuhan pelanggan, mengembangkan solusi bagi pelanggan dan membuat kerjasama menguntungkan akan melahirkan hubungan dengan pelanggan yang strategis atau juga disebut strategic customer relationship. Tujuan hubungan ini biasanya adalah mengurangi biaya, meningkatkan produktivitas, meningkatkan penjualan dan meningkatkan pendapatan.

Suatu produk atau jasa yang dijual yang bisa mengurangi biaya akan mudah dijual sepanjang penghematan yang dirasakan pelanggan melebihi harga produk atau jasa tersebut maka produk atau jasa tersebut memiliki peluang besar dalam penjualan. Begitu juga jika produktivitas yang dirasakan pelanggan dengan menggunakan produk atau jasa tersebut melebihi harga dari produk atau jasa tersebut, maka pelanggan akan lebih mudah membeli produk dan jasa tersebut. Sama halnya juga jika produk atau jasa itu meningkatkan penjualan dan keuntungan pelanggan melebihi harga jualnya, pasti produk itu akan laku.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Strategi dalam merencanakan penjualan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday