Dalam presentasi kepada prospek, kita harus menjalani tahap demi tahap secara baik. Salah satu tahapan penting adalah pembukaan presentasi. 

Kita dapat membuka presentasi dengan

  1. Perkenalan
    Dalam metode perkenalan ini kita membuka presentasi dengan  memperkenalkan nama kita dan perusahaan kita. Ini adalah metode perkenalan yang umum.
  2. Referal
    Mungkin kita mendapatkan prospek ini dari relasi kita yang juga merupakan relasi dari prospek. Pertama-tama kita menjelaskan bahwa kita mengenal prospek ini melalui relasi kita tersebut. Metode referal ini untuk menunjukkan penghargaan atas rekan yang memberikan referal dan juga untuk membuat kita lebih dekat dengan prospek
  3. Pendekatan premium
    Pada pendekatan premium ini, seorang sales menawarkan hal-hal gratis kemudian melakukan presentasi. Biasa terjadi pada supermarket-sepermarket di mana sales memberikan suatu produk makanan gratis, kemudian calon pembeli dijelaskan mengenai produk yang dicoba.
  4. Pendekatan produk
    Pada pendekatan ini, seorang sales akan meletakkan produk pada tengah-tengah meja. Kemudian memulai presentasinya dengan menjelaskan produk. Jika produk mudah dibawa maka cara ini bisa dilakukan.
  5. Demontrasi produk
    Misal seorang sales akan menjelaskan bahwa produk handphonenya tahan air, maka dia akan melemparkan handphonenya ke dalam air yang sudah disiapkan. Pembukaan demonstrasi produk jangan sampai membuat kerusakan di tempat prospek, misal dalam contoh tadi jangan sampai terjadi kecelakaan air tumpah.
  6. Pertanyaan manfaat
    Kita juga dapat memulai presentasi dengan ucapan manfaat. Misalnya apakah bapak ingin perusahaan lebih untung lagi ? Contoh pertanyaan ini cocok jika kita mempresentasikan produk baru kita kepada prospek retail.
  7. Pertanyaan keingintahuan
    Kita dapat memulai presentasi dengan sebuah kalimat untuk memancing keingintahunan, misalnya tahukah bapak mengapa produk kami menguasai 80% pasar ? Ini untuk membangkitkan minat dan lebih membuat prospek fokus pada presentasi yang akan kita berikan.
  8. Pertanyaan mengejutkan
    Misal tahukah bapak bahwa 20% terjadi pencurian pada bulan ini di lokasi ini ? Pertanyaan mengejutkan ini untuk membangunkan kesadaran prospek mengenai perlunya mempunyai produk atau jasa yang kita jual.
  9. Meminta pandangan
    Kita juga dapat membuka presentsi dengan meminta pandangan dari prospek.

Di atas adalah beberapa teknik pembuka presentasi. Kita perlu menentukan teknik pembukaan presentasi untuk mendapatkan perhatian dari prospek. Dari perhatian yang sudah kita dapatkan maka akan membuka jalan untuk menjelaskan lebih lanjut produk maupun jasa perusahaan kita.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Teknik membuka presentasi
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday