Dalam belajar programming menggunakan teknik OOP (Object Oriented Programming) akan mengenal object inheritance atau dalam bahasa Indonesia kita memahami sebagai turunan. Dalam prakteknya kita akan menggunakan class-class  utama, kemudian class-class turunannya.

Inheritance merupakan konsep umum yang digunakan dalam teknik pemrograman berbasis objek atau dikenal dengan Object Oriented Programming atau bisa disingkat OOP. Di sini kita dapat membuat class yang memiliki method tertentu, kemudian kita membuat class turunannya yang dapat menggunakan method yang ada pada class parentnya. Secara teknis class parent, parent class harus dideklarasikan dahulu jika kita memanggil secara manual. Kalau kita menggunakan autoloader maka kita tidak perlu melakukan include secara manual.

Dalam prakteknya, kita akan membangun aplikasi berbasis OOP (Object Oriented Programming) ini menggunakan PHP framework misalnya Yii framework. Dalam menggunakan Yii framework ini kita akan membuat class-class turunan, kemudian kita akan menggunakan method-method parent dalam membuat aplikasi sesuai kebutuhan kita.

Kita akan lebih memahami mengenai inheritance pada saat kita membuat program dengan style MVC yang merupakan kependekan Model View Controller. Pemrograman dengan style MVC akan membagi pemgrogaraman menjadi Model yang isinya merupakan proses bisnis, View yang isinya mengenai penampilan data informasi, dan Controller yang mengendalikan interaksi antara Model dengan View.

Pada style pemrograman dengan MVC kita mengenal Model dan contoh source code terkait class adalah :
class Menu extends CActiveRecord. Di sini object yang menggunakan class Menu dapat menggunakan method-method yang ada di class parentnya yaitu CActiveRecord.

Pada style pemrograman dengan MVC kita juga mengenal Controller. Contoh source class terkait Controller misalnya:
class MenuController extends CController. Di sini object yang menggunakan MenuController dapat menggunakan menggunakan method-method yang ada di parent classnya yaitu   CController.

Informasi mengenai Object Inheritance di PHP dapat dibaca lebih lanjut di http://php.net/manual/en/language.oop5.inheritance.php .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Inheritance dalam class PHP
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday