Pada artikel sebelumnya kita telah membahas kosep mengenai storage LVM. Berkaitan dengan virtualisasi menggunakan Proxmox VE, kita melihat bahwa pada saat kita melakukan instalasi Proxmox VE maka kita melihat ada storage LVM yang terbentuk. Pada artikel kali ini kita akan membahas penerapan atau implementasi storage LVM pada Proxmox  VE.

Penerapan storage LVM pada Proxmox VE adalah

  1. Melakukan scan kandidat untuk LVM Disk

    Terlihat bahwa /dev/sda3 dengan kapasitas 1820 GB merupakan kandidat untuk LVM disk.
     
  2. Display Physical Volume

      

  3. Display Logical Volume

    Dengan perintah lvdisplay kita melihat banyak Logical Volume, kita hanya mengambil cuplikan Logical Volume dengan nama data dan dan logical volume dengan nama vm-100-disk-1.
      
  4. Konfigurasi storage untuk cluster

    Pada konfigurasi storage untuk cluster Proxmox VE ini kita melihat penerapan LVM storage dengan Logical Volume Name data.
      
  5. GUI LVM Summary

    Jika kita masuk ke Graphical User Interface dari Proxmox terlihat adanya local-lvm yang digunakan  sebesar 1.70 Tera atau sekitar 1800 GB
     
  6. GUI Content

    Kemudian kalau kita melihat pada content kita melihat volume-volume yaitu vm-100-disk-1 seperti pada perintah lvdisplay.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. LVM Administrator Guide di https://www.centos.org/docs/5/html/5.2/Cluster_Logical_Volume_Manager/ .
2. The LVM Logical Volume Manager di https://www.centos.org/docs/5/html/5.2/Cluster_Logical_Volume_Manager/LVM_overview.html.
3. LVM Administration Overview https://www.centos.org/docs/5/html/5.2/Cluster_Logical_Volume_Manager/LVM_administration.html .
4. LVM Administration dengan command line https://www.centos.org/docs/5/html/5.2/Cluster_Logical_Volume_Manager/LVM_CLI.html .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »