Setelah kita mambahas alasan menggunakan aplikasi mobile sebelum era Progressive Web App atau PWA, maka kita membahas dari sisi yang sebaliknya yaitu alasan jangan membuat aplikasi mobile. Memang benar bahwa pengguna lebih banyak menggunakan waktunya dalam menjalankan aplikasi mobilenya dibanding akses ke mobile web, tetapi ada juga alasan mengapa kita jangan membuat aplikasi mobile.

Alasan-alasan untuk tidak perlu membuat aplikasi mobile adalah

  1. Harus belajar banyak bahasa pemrograman
    Kita tahu untuk membuat aplikasi berjalan Android kita harus menguasai suatu bahasa pemrograman tertentu. Kemudian kalau kita ingin membuat aplikasi untuk Ios kita harus mempelajari bahasa yang lain lagi. Jadi untuk membuat aplikasi mobile untuk dua versi ini saja butuh dana yang cukup besar karena kita harus merekrut dua programmer dengan kemampuan yang handal.
  2. Pengguna hanya memakai 3 aplikasi mobile utama
    Secara statistik pengguna smartphone hanya menggunakan 3 aplikasi utama dari aplikasi yang ada di handphone. Bisa dibayangkan jika kita sudah banyak mengeluarkan dana untuk membuat aplikasi dan ternyata tidak digunakan oleh pengguna, maka sia-sialah investasi kita.
  3. Pengguna melakukan download 0 aplikasi per bulan
    Pengguna smartphone biasanya akan download banyak aplikasi saat membeli smartphone baru. Tetapi setelah itu secara statistik membuktikan bahwa pengguna tidak pernah melakukan download-download aplikasi lagi yang baru.

Itulah alasan-alasan mengapa kita tidak perlu membuat aplikasi native mobile. Tentunya kita harus punya solusi terhadap hal ini, dan solusinya adalah membuat Progressive Web App atau biasa disingkat PWA.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »