Articles

Pengertian PWA Google

Pada bulan-bulan ini Google mengadakan kampanye penggunaan PWA. Apakah sebenarnya PWA itu ? PWA sendiri merupakan kependekan dari Progressive Web Apps. Dari katanya kita melihat adanya unsur web dan apps, mungkin kita bisa menebak bahwa Google berusaha menjembatani antara web application dan mobile application yang biasanya berjalan pada Android dan Ios.

Para pengembang aplikasi saat ini terbagi menjadi dua yaitu web based atau app based. Pada web based mengandalkan web server di mana manajemen lebih mudah karena semua proses utama berada di server. Client mengandalkan browser dan harus terhubung dengan jaringan supaya dapat menjalankan web application.

Pada app based terlihat lebih cepat karena tidak selalu terhubung dengan jaringan, tetapi development maupun pemeliharaan aplikasi bisa berlangsung cukup rumit. Kita mungkin tahu bahwa saat melakukan pengembangan mobile application kita harus membuat pembuatan terpisah antara untuk Android dan juga Ios. Pada saat pengembangan dengan target Androidpun kita juga harus memperhatikan versi dari Android di mana aplikasi kita akan dideploy. Selain itu kita harus membuat mekanisme update.

Di sini Google membuat PWA yang menjembatani antara kemudahan manajemen web application dan kehandalan mobile application. Dengan menggunakan browser Chrome dan Javascript, kita akan menggunakan cache dalam melakukan interaksi dengan pengguna aplikasi saat kondisi jaringan sedang memburuk.

PWA atau Progressive Web Apps menawarkan tiga hal utama yaitu

  1. Reliable
    Aplikasi akan cepat dijalankan bahkan pada kondisi jaringan internet yang lambat.
     
  2. Fast
    Berespon dengan cepat dalam berinteraksi dengan pengguna aplikasinya.
     
  3. Engaging
    Menyerupai mobile application, pengguna akan nyaman menggunakan aplikasi berbasis PWA

Untuk videonya kita dapat melihat seperti berikut ini

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi https://developers.google.com/web/progressive-web-apps/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Other Progressive Web App Articles:
Pengertian web worker pada Javascript
Pengertian promises pada Javascript
Service worker pada PWA Google
Fitur reliable PWA Google
Pengertian PWA Google