Jika sebelumnya kita telah membicarakan alasan-alasan supaya tidak perlu membuat aplikasi mobile maka selanjutnya kita akan membahas mengenai jangkauan aplikasi mobile dibandingkan aplikasi web. Dari suatu statistik ternyata ditemukan bahwa pengguna aplikasi mobile ada 3,3 juta sementara pengguna aplikasi web ada 8,9 juta. Dengan demikan ternyata pengguna aplikasi web 2 kali lebih banyak dibandingkan pengguna aplikasi mobile.

Mengapa pengguna aplikasi web lebih banyak?
Pengguna aplikasi web lebih banyak karena sangat mudah dijangkau. Orang dapat mudah masuk ke suatu web dan tentu saja tanpa harus melakukan instalasi. Bandingkan pengguna aplikasi mobile yang harus download, menginstal aplikasi dan tentu harus cukup storage di smartphone supaya aplikasi-aplikasi dapat diinstal dengan baik. Di sini pengguna cukup masuk ke alamat suatu website kemudian tinggal memakai aplikasi web di sana.

Mengapa pengguna aplikasi mobile lebih sedikit?
Seperti yang telah dibahas pada paragraf di atas, pengguna aplikasi mobile lebih sedikit karena pengguna aplikasi mobile harus memastikan memiliki storage yang cukup, melakukan download kemudian instalasi. Memang benar bahwa penggunaka menggunakan aplikasi mobile lebih banyak dibandingkan dengan aplikasi web, tetapi ingat bahwa rata-rata pengguna hanya menggunakan tiga aplikasi favorit mereka, sehingga tidak ada waktu membuka aplikasi kita yang mungkin tidak masuk tiga besar.

Bagaimana dengan PWA atau Progressive Web App?
PWA atau Progressive Web App memberikan harapan karena dapat memberikan fitur seperti aplikasi native mobile tetapi dengan kemudahan diakses seperti aplikasi web.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »