Ketika sebuah aplikasi mobile berbasis PWA  (Progressive Web App) dijalankan dari screen pengguna Android, maka service worker akan bekerja untuk membuat PWA dibuka secara cepat dalam kondisi jaringan bagus atau kondisi jaringan yang buruk.

Service Worker ini menggunakan bahasa pemrograman Javascript. Service Worker ini merupakan proxy di sisi client dan memberikan kita pengendalian dalam cache dan merespons permintaan resources. Dengan menggunakan tehnik penggunaan caching yang sudah disimpan sebelumnya ini akan mengurangi ketergantungan aplikasi terhadap jaringan sehingga memberikan pengelaman yang terasa cepat dan dapat dihandalkan yang dapat dirasakan oleh pengguna Android.

Service worfker akan memberikan pengalaman kepada pengguna seolah pengguna menggunakan native application. Pengguna akan merasakan kelengkapan pemakaian aplikasi, pensinkronan data yang dilakukan secara periodik yang dilakukan dalam background, dan juga push notifications.

Service Worker ini merupakan script yang berjalan dalam background, terpisah dari halaman web. Service Worker ini membuka pintu untuk fitur-fitur yang  tidak membutuhkan interaksi web page ataupun interaksi pengguna. Saat ini fitur yang sudah tersedia termasuk push notifications dan background sync. Dari website yang ada https://developers.google.com/web/fundamentals/primers/service-workers/ diinformasikan bahwa fitur-fitur ini akan terus bertambah.

Catatan-catatan mengenai service worker adalah

  1. Merupakan Javascript Worker, tidak dapat mengakses langsung DOM HTML, berkomunikasi dengan halaman melalui interface postMessage.
      
  2. Service Worker merupakan programming network proxy, membuat kita bisa mengendalikan bagaimana menangani permintaan resources jaringan.
     
  3. Mati sendiri jika tidak digunakan, dan hidup sendiri jika dibutuhkan.
     
  4. Service Worker dapat bekerja sama secara intensif dengan Promises.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi :
1. https://developers.google.com/web/progressive-web-apps/#reliable .
2. https://developers.google.com/web/fundamentals/primers/service-workers/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Fitur reliable PWA Google
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday