Pada artikel-artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai alasan-alasan menggunakan aplikasi native mobile, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan yang sebaliknya yaitu alasan jangan membuat aplikasi  mobile dan artikel terakhir kita membahas mengenai perbandingan jangkauan antara aplikasi native mobile vs aplikasi web.

Pada artikel-artikel di atas kami menunjukkan kelebihan aplikasi mobile yaitu bisa akses ke device dan juga bisa berjalan saat offline.
Kelebihan aplikasi web adalah jangkauan pengguna yang besar.
Kemudian kita berharap ada aplikasi yang bisa akses ke device, bisa berjalan saat offline, dan jangkauan pengguna juga luas. Inilah yang kita harapkan dari PWA atau Progressive Web App.

Berikut perbandingan antara aplikasi web biasa, aplikasi mobile dan Progressive Web App atau PWA

Web biasa Aplikasi Mobile PWA
Akses ke device
(Kamera, GPS dll)
x V V
Berjalan saat Offline x V V
Jangkauan luas V x V

Inilah keunggulan dari PWA atau Progessive Web App. Dengan PWA kita dapat membuat aplikasi yang dapat diakses seperti aplikasi native, bisa membaca device, bisa berjalan saat offline dan juga bisa diakses lewat browser saja yang memungkinkan jangkauan bisa lebih luas.

Secara teknis pembuatan juga programmer cukup memiliki kemampuan programming yang dimiliki seperti programmer web pada umumnya yaitu HTML, CSS dan Javascript. Dengan demikian kita tidak perlu merekrut banyak programmer dengan banyak skill tetapi hanya beberapa programmer dengan skill yang sama sehingga bisa saling membackup satu dengan yang lain.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »