Articles

Membuat web server HTTPS

Untuk menjalankan sebuah website yang isinya dikirim dengan aman dari web server ke browser, kita perlu menjalankan https. Untuk menjalankan https ini kita memerlukan sertifikat keamanan berupa file CA atau Certificate Authority. Certificate Authority ini kemudian kita install di web server kita dan kita bisa menjalankan https dari web server kita.

Penyedia Certificate Authority ada yang dikenal baik oleh browser, ada pula yang tidak dikenal baik oleh browser. Sertifikat yang valid dan dikeluarkan oleh Certificate Authority yang diakui baik oleh browser akan langsung dijalankan tanpa ada pesan peringatan. Sebaliknya sertifikat yang tidak valid atau berasal dari Certificate Authority yang tidak dikenal oleh browser, browser akan menampilkan peringatan pada https tersebut.

Let's Encrypt adalah salah satu Certificate Authority. Untuk mendapatkan sertifikat Let's Encrypt kita harus dapat menunjukkan bahwa kita memiliki kontrol terhadap domain yang akan kita terapkan https. Dalam implementasinya kita bisa menggunakan protokol ACME yang merupakan singkatan dari Automatic Certificate Management Environment.

Lets'Encrypt menyarankan kita melakukan implementasi menggunakan akses shell atau lebih dikenal dengan SSH. Melalui SSH kita bisa menggunakan Cerbot yang merupakan ACME client. Dengan Cerbot ini kita bisa mengotomatisasi instalasi penerbitan dan instalasi sertifikasi tanpa harus menghentikan sistem.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi:
1. https://letsencrypt.org/getting-started/
2. https://certbot.eff.org/.
3. https://blog.cpanel.com/autossl/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Other SSL Articles:
Membuat web server HTTPS
Pengertian HTTPS