FTP atau File Tranfer Protocol adalah protokol penyalinan file antar jaringan internet/TCPIP. Ada 2 mode dalam protokol ini yaitu active dan passive. Berikut akan dijelaskan kedua mode tersebut.

  1. Mode Active
    Dalam mode active ini client memulai koneksi ke server dan memberitahu IP address dan port dimana client akan mendengarkan. Server kemudian akan menghubungi client dengan IP dan port tersebut. Mode ini bisa dilakukan jika client tidak berada di belakang firewall
  2. Mode Passive
    Mode ini dilakukan jika client berada di belakang firewall. Dalam mode ini client menghubungi server, kemudian server memberikan port lain kepada client. Client kemudian akan menuju ke port itu itu melakukan aktivitas selanjutnya

Dalam pelaksanaannya, untuk lingkungan server Linux kita tinggal memilih FTP server yang disediakan, begitu juga FTP clientnya.

Untuk lingkungan Windows, solusi dari Filezilla dengan alamat http://filezilla-project.org/ adalah solusi yang baik untuk FTP server maupun FTP client.

Dan tentu saja FTP server Linux bisa diakses dari FTP client Linux maupun Windows. Begitu juga FTP server bisa diakses dari FTP client Windows maupun FTP client Linux.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

FTP (File Transfer Protocol)
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday