Kadang-kadang perusahaan ingin membuat website, tetapi bingung bagaimana memulainya. Untuk itu dalam membuat website suatu perusahaan dari nol, ada beberapa langkah yang harus kita kerjakan :

  1. Menetapkan tujuan pembuatan website
    Secara umum tujuan dari pembuatan website perusahaan adalah untuk pencitraan perusahaan dan supaya calon pelanggan mudah mendapatkan informasi mengenai produk/jasa yang ditawarkan perusahaan.
    Ada juga yang mengembangkan website perusahaan untuk melakukan penjualan langsung lewat website.
  2. Membuat daftar isi halaman yang akan ditampilkan
    Sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, langkah berikutnya adalah membuat daftar isi halaman-halaman yang akan ditampilkan dan dikelompokkan sesuai jenis isinya. Jenis isi ini dalam website disebut menu.
    Pengelompokan isi atau yang disebut menu ini antara lain: About Us, Product, Service, Gallery, Client dan sebagainya.
    Daftar isi website ini disebut sitemap.
  3. Mengumpulkan content
    Sesuai dengan sitemap yang dihasilkan dalam langkah 2, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan content-content sesuai dengan langkah 2. Biasanya content ada 2 macam yaitu gambar dan text. Untuk gambar silahkan memakai format JPEG, sedangkan text silahkan memakai format DOC.
    Jangan lupa file yang berisi logo perusahaan kita, karena file ini yang akan dijadikan sebagai dasar disain.
  4. Menghubungi web developer
    Silahkan menghubungi web developer yang anda percayai. Pakailah web developer yang berstatus perusahaan, jangan memakai freelance yang belum tentu kita bisa pegang. Pastikan anda mendapatkan web developer dari perusahaan yang alamatnya jelas, ada nomor teleponnya, ada kantornya, mudah dihubungi baik secara telpon maupun chatting, mempunyai server yang cepat dan telah berpengalaman membuat banyak website.
  5. Pilihlah paket website sesuai kebutuhan dan anggaran perusahaan anda.

Langkah 3,4 dan 5 bisa dilakukan secara paralel, oleh karena itu jika kita sudah mendapatkan sitemap dari website yang kita inginkan, kita sudah dapat mencari web developer yang akan mengerjakan website kita.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Membuat website dari nol
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday