Kalau pada artikel sebelumnya kita telah membahas bagaimana mencari isi halaman lama suatu web yang terhapus maka kita akan membahas bagaimana kita menggunakan content atau data di WayBackMachine untuk memulihkan atau recovery website kita yang terhapus.

Website yang pernah didevelop oleh suatu web developer bisa terhapus dengan berbagai sebab seperti dijelaskan di bawah ini

  1. Ditinggalkan oleh freelance web developer
    Kadang-kadang perusahaan mencari jasa pembuatan website yang murah. Kemudian dia mendapatkan freelancer yang menawarkan harga murah. Pada waktu awal pembuatan website mungkin perusahaan mudah menghubungi freelancer, tetapi karena freelancer hanya mengerjakan pembuatan website sebagai sampingan dengan harga murah tentu tidak mau direpotin terus. Di sini perusahaan mulai kesulitan menghubungi freelancer. Perusahaan tidak memiliki kemampuan sama sekali menyelamatkan website dan akibatnya hapus atau hilang begitu saja websitenya.
      
  2. Lupa memperpanjang domain
    Perusahaan mungkin lupa atau mengabaikan tagihan domain, sehingga domain expired dan hilang begitu saja bersama content websitenya.
     
  3. Lupa memperpanjang hosting
    Karena kesibukannya, perusahaan mungkin mengabaikan tagihan hosting, sehingga perusahaan hosting menghapus isi website setelah jangka waktu yang ditetapkan perusahaan hosting dalam menanti pembayaran dari pelanggan.
     
  4. Reseller hosting tutup
    Perusahaan hosting menjual paket hostingnya kepada reseller-reseller. Reseller-reseller ini kemudian menjual kepada perusahaan. Jika perusahaan hanya mementingkan harga murah dan tidak memperhitungkan rekam jejak dalam memilih perusahaan atau reseller hosting, maka jika provider hosting itu tutup maka websitenya akan dianggap tidak bayar dan akan terhapus dalam jangka waktu tertentu.

Dengan berbagai kemungkinan di atas maka kita bisa memahami ada kemungkinan suatu website tidak bisa  diakses dan kita tidak bisa melihat contennya sama sekali. Tetapi tenanglah, bahwa PT Proweb Indonesia akan membantu anda mengembalikan content WordPress website anda dengan menggunakan langkah-langkah seperti berikut ini:

  1. Memilih stage tanggal terbaik pada WayBackMachine di https://archive.org/
  2. Membeli archive WayBackmachine di Wayback Machine Downloader https://www.waybackmachinedownloader.com .
  3. Membeli domain baru bila diperlukan
  4. Menginstal website tersebut di dedicated server PT Proweb Indonesia dengan cara seperti ditunjukkan di https://www.waybackmachinedownloader.com/en/how-to-download-site-from-wayback-machine/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.