Model bisnis kanvas merupakan cara pemetaan bisnis proses menyeluruh perusahaan yang diletakkan dalam kotak-kotak dalam kanvas. Dengan pemetaan dalam kotak-kotak dalam kanvas ini maka pemimpin perusahaan dapat dengan jelas melihat gambaran bisnis proses dari perusahaan. 

Dari Wikipedia di halaman https://en.wikipedia.org/wiki/Business_Model_Canvas kita mendapatkan gambar dari Business Model Canvas seperti berikut ini:

Dari gambar di atas kita dapat melihat gambaran dari aktivitas perusahaan. Kita juga dapat melihat bahwa bagian kiri berkaitan dengan Cost atau biaya sedangkan bagian kanan berkaitan dengan Revenue atau pendapatan.  Dari gambar di atas kita dapat merasakan bagaimana kira-kira kekuatan suatu perusahaan.

Perusahaan yang baik harus mendokumentasikan bisnis modelnya dengan baik dan perlu dipahami oelh minimal seluruh jajaraan manajemen. Dengan adanya model bisnis kanvas yang sistematis ini diharapkan semua jajaran manajemen memiliki bahasa yang sama dengan pemahaman yang sama mengenai apa yang dikerjakan perusahaan dan juga masa depan perusahaan.

Jika anda menginginkan gambar yang lebih jernih anda dapat mengunjungi https://strategyzer.com/canvas/business-model-canvas .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

| »