Articles

Pengertian segmen pelanggan

Pelanggan merupakan bagian penting  dari perusahaan. Tanpa memiliki pelanggan yang memberikan profit bagi perusahaan maka perusahaan tidak bisa hidup lama. Secara umum juga tidak semua jenis pelanggan dapat dilayani perusahaan. Setiap jenis pelanggan tentu memiliki kebutuhan dan kemampuan keuangan yang berbeda-beda.

Berkaitan dengan layanan atau produk yang kita berikan, ada pelanggan yang sederhana dan memiliki anggaran yang tidak banyak, ada pelanggan yang membutuhkan fitur produk atau jasa yang lebih banyak dan memiliki anggaran yang banyak juga, ada juga pelanggan yang menginginkan banyak hal tetapi angggarannya sedikit.

Dengan demikian maka kita perlu memilih satu atau beberapa jenis pelanggan yang dapat kita layani dan memberikan profit bagi perusahaan dan memberikan manfaat bagi pelanggan. Pemilihan satu atau beberapa jenis pelanggan inilah yang disebut menentukan segmen pelanggan yang akan kita layani.

Dalam setiap segmen pelanggan tentu berbeda fitur, berbeda pendekatan, berbeda harga, dan juga berbeda dalam tingkat support yang diberikan.   

Dalam industri software ERP kita mungkin memilih suatu segment tertentu yang bagi kita tetap untung dan perusahaan mau membeli. Untuk jangka awal bebarapa tahun ke depan kita memilih segmen tertentu di mana jumlahnya terbatas namun dengan harga yang cukup baik. Kita adapat memulai dengan Operasional dan Akuntansi, CRM dan terakhir HRM dalam sebuah aplikasi yang terintegrasi.

Untuk periode berikutnya kita dapat mendisain ERP yang dibutuhkan secara umum oleh perusahaan-perusahaan dengan fitur-fitur yang disederhakan untuk persiapan produksi masal. Pada periode ini ERP yang lengkap antara operasional, akuntansi, CRM dan HRM sudah lengkap untuk perusahaan kecil dengan sistem sewa dan standarisasi fitur. 

Dengan demikian target pelanggan untuk ERP terpadu ini

  1. Tahap 3 tahun pertama: pelanggan besar
    Full fitur implementation ini kita membuka semua fitur dengan target implementasi ERP pada beberapa pelanggan per tahunnya. Target pelanggan adalah yang memiliki anggaran agak besar.
      
  2. Tahap 3 tahun kedua: pelanggan menengah
    Half fitur implementation. 
    Pada half fitur ini kita sudah membuat standarisasi implementasi ERP dan sudah mendefinisikan apa saja yang bisa dicustom.
    Implementasi ERP pada beberapa pelanggan per bulannya. Target pelanggan adalah pelanggan dengan anggaran menengah

  3. Tahap 3 tahun ketiga: pelanggan kecil
    Standar fitur implementation.
    Pada tahap ini kita sudah membuat ERP standar di mana pelanggan tinggal mengikutinya. Sudah ada manualnya. Pelanggan diberikan alokasi training gratis sebesar 2x 4 jam. Pada tahap ini sudah ada produk masal dan semua kelas perusahaan jasa dagang, dan perakitan sederhana bisa menggunakan ERP.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Other Ultima ERP Articles:
Pengertian cost structure
Pengertian key partnerships
Pengertian key activities
Pengertian key resources
Pengertian revenue stream
Pengertian customer relationship
Pengertian channel
Pengertian value proposition
Pengertian segmen pelanggan
Pengertian model bisnis kanvas