Dalam mengembangkan aplikasi, kita tentu lebih senang fokus melakukan hal-hal terkait pengembangan aplikasi dan tidak senang mengurusi hal-hal teknis lainnya seperti teknis instalasi aplikasi. Berkaitan dengan teknis instalasi aplikasi, tentu kita tidak mau dipusingkan dengan versi-versi yang ada pada tool-tool yang kita gunakan. Sebagai contoh kita tidak mau dipusingkan dengan versi-versi yang ada pada Apache, MySQL dan PHP.  Supaya kita tidak dipusingkan oleh berbagai versi dalam Apache, MySQL dan PHP maka kita perlu menentukan suatu konfigurasi tertentu dan kemudian melakukan deployment sesuai dengan konfigurasi versi yang kita pilih. Dengan kata lain kita memerlukan suatu aplikasi yang melakukan bundling mengenai Apache, MySQL, dan PHP yang dapat diinstall pada lingkungan sistem operasi Windows maupun lingkungan sistem operasi Linux.

Setelah melakukan riset di internet, saat ini kita akan mencoba Bitnami WAMP. Kita akan melakukan instalasi Bitnami WAMP. Pada artikel kali ini kita akan membahas instalasi Bitnami WAMP pada Windows 7.

Langkah-langkah instalasi Bitnami WAMP pada Windows 7 adalah:

  1. Download aplikasi:
    Silahkan mendownload Bitnami WAMP installer di https://bitnami.com/stack/wamp.
     
  2. Memulai instalasi:

     
  3. Memilih komponen:

     
  4. Mensetting password root MySQL:

     
  5. Informasi One Click:

     
  6. Mengijinkan firewall untuk Apache mengakses jaringan:

     
  7. Tampilan Bitnami WAMP Stack Manager:

     

     

     
  8. Halaman awal localhost:

     
  9. Service yang terjadi:

     
  10. Dokumentasi Bitnami WAMP:
    Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi dokumentasinya yang ada di https://docs.bitnami.com/installer/infrastructure/wamp/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Instalasi Bitnami WAMP
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday