Beberapa hari ini penulis dipusingkan adanya baris-baris yang tidak muncul dalam cetakan PDF yang dihasilkan oleh TCPDF. Penulis mencari cara bagaimana menghilangkan format-format yang tidak benar. Penulis juga telah melakukan debug dengan langsung ke code HTML browser, kemudian akhirnya masalah itu dipecahkan.

Pertama-tama pastikan coding anda tidak bentrok dengan coding lainnya. Kita bisa melakukan debuh dengan menampilkan ke browser langsung. Dari debug ini mungkin akan kelihatan coding mana yang membuat kacau.

Bahkan saya sudah mendownload TCPDF yang terbaru tetapi masalah masih muncul. Kalau demikian ini pasti bukan bug dari TCPDF, ini pasti kesalahan dari coding saya.

Ternyata setelah dicari permasalahan bisa muncul karena format field yang bersangkutan pada tabel database. Ada perbedaan format antara TCPDF dan field di tabel yang membuat kacau tampilan. Pada saat ini saya kemudian mengubah colation pada field tersebut ke ascii_bin dan masalah bisa diselesaikan. Dalam SQL hal ini dikerjakan dengan
ALTER TABLE nama_tabel CHANGE nama_field nama_field TEXT CHARACTER SET ascii COLLATE ascii_bin NOT NULL

Tentu saja sebelum anda mengubah collate ini, anda harus mencakup database untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita perhitungkan sebelumnya.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Karakter tertentu tidak muncul pada writeHTML TCPDF
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday