ORM (Object Relational Mapping) merupakan salah satu teknik dalam pengaksesan database yang sangat membantu dan cepat penggunaannya. teknik ini sering dipakai oleh beberapa framework php untuk membantu sang programmer dalam men-generate suatu record dalam table database. Dan salah satu framework terbaik PHP yaitu Yii framework telah menggunakan teknik ini sebagai salah satu keunggulannya.

Beda halnya dengan framework yang terpopuler saat ini, yaitu codeigniter (CI). CI tidak menyediakan fasilitas ORM dalam pengaksesan database. sehingga ini yang menjadi titik lemah dari framework tersebut.

Apakah keuntungan dari ORM? ORM sangat membantu sekali dalam mengakses 1 table yang berhubungan dengan banyak table. Contohnya seperti ini :

  1. Kita ingin menampilkan data barang pada table Barang.
  2. Table barang mempunyai PK (id_brg), dan mempunyai FK(id_kategori).
  3. Maka dengan bantuan teknik ORM semua table yang berhubungan dengan table barang akan tergenerate semua, selama primary key table-table tersebut cocok dengan foreign keynya.
  4. Jadi kita tidak harus mengambil FK untuk mengambil record dari table-table yang lain.

Perbedaan ORM dengan Pengaksesan Database Tradisional

Pengangsesan database yang masih tradisional menggunakan cara manual, kita harus mengambil FK untuk menampilkan data dari table yang berhubungan berdasarkan PK table yang dituju (Relational). Dengan ORM kita hanya mengakses 1 table saja, dan semua table yang berhubungan dengan table tersebut akan secara otomatis terakses. Jadi bisa dikatakan kita bisa mengakses 3 table database hanya dengan mengakses 1 table database saja.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Mengenal ORM Pada Framework PHP
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday