Php adalah bahasa pemrograman web yang paling banyak dipakai. Php memang memiliki kelebihan-kelebihan dibandingkan bahasa programming web lainnya. Kelebihan-kelebihan ini antara lain

  1. Kemudahan sintax programming
    Salah satu tujuan programming web adalah menghasilkan kode-kode html. Secara teknis kode-kode mempunyai tipe string. Dengan demikian kita akan banyak berhubungan variable string.
    Berkaitan dengan variable string ini, menggabungkan string paling mudah dilakukan oleh php.
    Misal ada variabel $company dengan isi ‘proweb indonesia’.
    Kemudian ada variable $place yang diisi dengan ‘jakarta’.
    Kita ingin menampilkan gabungan antara ‘perusahaan ‘ dan $company dan “di ” dan $place.
    Dengan bahasa programming web lain misalnya ASP sintaxnya akan seperti
    “perusahaaan” & company & “di ” & place
    Bandingkan dengan sintax php
    “perusahaan $company di $place”.
    Dengan demikian sintax php sangat mudah dikerjakan dan dimengerti
  2. Dapat dijalankan di berbagai sistem operasi(operating system)
    PHP dapat dijalankan di berbagai platform seperti windows, linux dan unix. Dengan demikian programmer tidak perlu memikirkan di mana programnya akan diinstall karena php bisa dijalankan di banyak platform
  3. Dokumentasnya mudah, lengkap dam sederhana
    Manual PHP dengan mudah didownload di situsnya yaitu www.php.net dan ujurannya hanya beberapa mega bytes saja. Bandingkan dengan ASP yang dokumentasinya bisa lebih dari 3 cd dan tentu akan sangat merepotkan.
  4. Fungsi-fungsi yang lengkap
    Fungsi-funsinyanya sangat lengkap termasuk dukungan/support terhadap OOP (Object Oriented Programming). Dengan support terhadap OOP ini melahirkan framework-framework  PHP seperti Code Igniter, Cakephp, Yii dan lain-lain. PHP juga mendukung banyak database seperty MySQL. MSSql, Oracle dan lain-lain.

PHP memang terkenal kehandalannya di berbagai kalangan sehingga perusahaan-perusahaan besar seperti Facebook juga menggunakannya. Jika anda pemula di bidang web programming, kami sarankan anda belajar php.

Untuk belajar PHP anda cukup menginstall web server Apache dan PHP dan sebuah text editor. PHP termasuk script programming sehingga tool yang digunakan untuk menulis program sangat fleksible termasuk text editor sederhana. Untuk text editor yang lebih kompleks juga bisa digunakan untuk lebih memudahkan kita melakukan coding. Code editor yang free yang bagus digunakan salah satunya adalah dari Code Lobster di http://www.codelobster.com/.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

PHP adalah
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday