Keberadaan framework sangat berguna untuk mempercepat pengembangan sebuah aplikasi. Begitu juga dengan PHP. Jika kita melakukan pemrograman secara manual, maka akan sangat lama sekali. Berikut akan dijelaskan mengenai framework terbaik.

Pada waktu awal-awal saya belajar PHP, saya melakukan coding satu-persatu. Perkembangan selanjutnya saya melihat bahwa coding yang saya lakukan mempunyai pola. Kemudian saya menentukan pola pada setiap coding saya. Pada tahap awal setiap kali membuat modul baru, saya membuka pola coding saya, mencopy ke modul yang baru, kemudian melakukan perubahan sesuai modul tersebut.

Tahap berikutnya adalah saya membuat Code Generator untuk program saya. Dengan cara ini maka proses pengembangan aplikasi bisa dilakukan dengan sangat cepat. Itulah framework yang saya buat sendiri.

Saya kemudian mencari-cari framework-framework yang sudah pernah ada. Saya sering mendengar CodeIgnetor (CI) dan CakePHP. Saya membaca buku-buku terkait CI dan CakePHP. Saya melihat bahwa keunggulan CI adalah dokumentasi yang bagus, tetapi kekurangannya adalah tidak mempunyai Code Generator. Sedangkan CakePHP mempunyai Code Generator tetapi dokumentasi kurang bagus.

Kemudian saya browsing di internet dan menemukan http://www.phpframeworks.com/top-10-php-frameworks/. Di situ Yii menduduki tempat teratas diikuti CI dan CakePHP. Saya kemudian mencobanya dan menyimpulkan bahwa YII merupakan framework terbaik. Alasan pribadi saya bahwa Yii merupakan PHP framework terbaik adalah karena tiga hal
a. Mempunyai Code Generator
b. Dokumentasi yang baik
c. Didukung hasil riset yang menyatakan bahwa Yii merupakan Framework terbaik.

Untuk ulasan teknis mengenai perbandingan  feature-feature yang ada di berbagai PHP Framework bisa dibaca di http://www.phpframeworks.com/.

Sedangkan website-website yang menyatakan Yii sebagai framework terbaik adalah:

http://www.phpframeworks.com/top-10-php-frameworks/
http://www.ilmuwebsite.com/news-website/10-framework-php-terbaik
http://www.bukisa.com/articles/321696_5-best-php-web-development-frameworks

Saya belajar Yii Framework pada awal November 2010, dan pada awal Februari 2011 saya telah membuat aplikasi berbasis Yii Framework untuk distribusi notebook dari pusat dikirim ke cabang kemudian dikirim dealer dan dijual ke konsumen.

Mungkin anda mempunyai PHP framework favorit yang berbeda dengan saya, dan itu tidak menjadi masalah bagi saya. Kepada orang yang baru belajar framework dan tidak ada yang membimbing, saya sarankan anda langsung belajar Yii melalui website http://www.yiiframework.com/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

PHP Framework terbaik
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday