File-file yang digunakan WordPress sangat banyak dan tentu kita tidak dapat mengingat satu-persatu. Di sisi lain kita harus membuat website yang dikembangkan platform WordPress harus kita buat seaman mungkin. Salah satu bentuk penyerangan adalah adanya malware yang menyusup ke situs WordPress kita. Oleh sebab itu kita harus menangkal serangan malware ini dengan membuat anti malware.

Untuk menangkal serangan malware pada WordPress kita dapat menginstall plugin anti malware pada WordPress kita. Salah satu anti malware yang penulis coba adalah GOTMLS.NET di mana reviewnya ada di https://wordpress.org/plugins/gotmls/.

Instalasi plugin bisa dilakukan dengan

  1. Mendownload plugin
  2. Melakukan ekstrak ke folder plugins
  3. Masuk ke WordPress dan melakukan instalasi plugin tersebut

Jika ada situs kita yang terindikasi adanya malware maka kita perlu melakukan scan secara menyeluruh. Supaya tidak mengganggu server hosting yang kita gunakan, maka kita perlu mendownload WordPress kita ke dalam notebook kita, mengupdate php.ini bisa menjalankan PHP dengan waktu tak terbatas (max_execution_time=-1), menginstall website tersebut, instal plugin dan melakukan scan .

Bentuk tampilan saat melakukan scan adalah seperti berikut ini

Pada tampian di atas terlihat bahwa plugin anti malware tersebut dapat menemukan sebuah file yang terindikasi tersusupi malware. Pada bagian bawah akan muncul file apa saja yang tersusupi malware dan pada saat kita klik akan muncul source codenya dan saat kita klik lebih lanjut muncul baris pada source code yang menunjukkan tempat teridentifikasi disusupi malware.

Proses scan ini menggunakan waktu yang lama, dan jika kita ada keperluan lain kita dapat melakukan pause, dan jangan menutup tampilan ini, kemudian klik resume jika kita ingin melanjutkan scanning ini.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://wordpress.org/plugins/gotmls/.
2. http://gotmls.net/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

 

Anti malware pada WordPress
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday