Setelah kita membicarakan file-file untuk template post, maka selanjutkan kita akan membicarakan template page. Template page merupakan template khusus yang diaplikasikan untuk jenis page atau group dari page.

Fitur-fitur dari template page adalah

  1. Template page digunakan untuk mengubah tampilan
  2. Template page dapat  diaplikasikasikan ke sebuah page, page secton dan class of pages
  3. Template page memiliki tingkatan dalam hirarki sehingga dapat ditargetkan ke individual page atau group dari halaman-halaman.
  4. Jika template page memiliki templete name, pengguna WordPress dapat memilih template mana yang akan digunakan pada halaman yang sedang dieditnya.

Template page dapat menampilkan secara khusus  kontent-konten dinamis pada halaman misalnya news, update, event, media dan lain-lain. Dengan menggunakan template page ini kita dapat membuat tampilan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan tiap halaman atau kebutuhan tiap kelompok halaman.

Sebagai contoh kita dapat membuat template page dengan:

  1. panjang full, satu kolom
  2. dua kolom dengan menu samping (sidebar) bagian kanan
  3. dua kolom dengan menu samping (sidebar) bagian kiri
  4. tiga kolom

Ketika sebuah theme WordPress dilengkapi dengan beberapa template page maka pengguna dapat memilih template_page yang sesuai seperti gambar di bawah ini:

Tentu saja ada file template yang dikhususkan untuk halaman tertentu dan tidak bisa dipakai pengguna, ada juga file template yang berlaku global sehingga dapat dipilih pengguna WordPress.

Ketika pengguna berselancar ke suatu halaman WordPress, WordPress akan menentukan template yang digunakan dengan urutan sebagai berikut

  1. Template page yang dipilih untuk halaman tersebut
  2. page-{slug}.php
  3. page-{id}.php
  4. page.php
  5. singular.php
  6. index.php

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi https://developer.wordpress.org/themes/template-files-section/page-template-files/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Template page pada WordPress
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday