Setiap perusahaan pasti menginginkan perusahaannya bertumbuh. Pertumbuhan perusahaan paling mudah dihitung dengan perhitungan profit atau pertumbuhan keuntungan perusahaan.

Pertumbuhan perusahaan biasa dimulai dengan peningkatan pendapatan perusahaan. Dari peningkatan pendapatan perusahaan ini kemudian keuntungan perusahaan juga diharapkan naik sesuai peningkatan pendapatan perusahaan.

Pada akhir periode, pihak manajemen membuat perencanaan apa yang akan dicapai pada tahun berikutnya. Manajemen kemudian merumuskan pertumbuhan pendapatan yang diinginkan. Dari pertumbuhan yang diinginkan ini kemudian kita menentukan berapa unit penjualan. Dari unit penjualan yang akan dijual, bagian produksi menentukan kapastitas produksi perusahaan. Dari kapasitas produksi yang diinginkan maka bagian pembelian membuat anggaran pembelian.

Bagian pemasaran kemudian menentuan biaya promosi, komisi sales dan hal-hal lain terkait pemasaran. Biaya-biaya lain terkait usaha mencapai pertumbuah kemudian dihitung atau dianggarkan. Dari semua informasi yang masuk kemudian muncullah prediksi operating income.

Untuk meningkatkan keuntungan perusahaan, perusahaan juga diharapkan dapat mengurangi biaya perusahaan. Manager rendah merencanakan pendapatan dan biaya disampaikan ke manager menengah dan masuk ke top manajement.
Anggaran dan biaya ini kemudian dipecah per bulan. Pada tahun berjalan, pendapatan dan biaya yang terjadi akan dibandingkan dengan anggaran dan pendapatan yang telah dibuat pada akhir periode yang lalu. Jika ada perbedaan antara apa yang terjadi dibandingkan dengan yang dianggarkan maka akan dijadikan evaluasi, apa yang menyebabkab perbedaan, kemudian langkah strategis apa yang akan dilakukan.

Perusahaan dapat meminta setiap manajer membuat anggaran pendapatan dan biaya, kemudian perusahaan mengadakan rapat kerja marathon misal selama 3 hari berturut-turut untuk membuat finalisasi master budget yang akan diterapkan di setiap departement dan lini perusahaan pada tahun berikutnya.

Perusahaan dapat memberikan insentif untuk memastikan target perusahaan yang telah didetilkan di dalam anggaran tercapai. Manajemen harus dapat melakukan pendekatan kepada manajer dan staff supaya membuat target pendapatan dan biaya yang wajar jangan sampai terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Master budget sangat penting dalam memberikan arah perusahaan. Dengan master budget ini, maka semangat dari seluruh staff perusahaan dapat dijaga karena memahami arah perusahaan. Perusahaan yang menerapkan budgeting akan memiliki kesempatan maju dibanding yang tanpa budgeting.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Master budget sarana pengendalian strategi perusahaan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday