Pada awalnya web hanya sejumlah publikasi-publikasi ilmu pengetahuan berupa HTML statis dan saling terhubung dengan hyperlink tanpa ada gambar sama sekali. Pada perkembangan selanjutnya, webmaster memerlukan lebih dari pada itu. Mereka membutuhkan HTML yang memiliki kemampuan interaksi yang lebih daripada yang ada pada saat itu.

Perkembangan lebih lanjut dari interaksi HTML ini adalah munculnya Java Applet kemudian broswer Netscape 2.0 memperkenalkan JavaScript. Pada sisi lain Microsoft mengeluarkan Internet Explorer 3.0 dan memperkenalkan JScript.

Dengan adanya variasi-variasi scripting ini maka memunculkan kebutuhan standarisasi dalam scripting dalam browser. Untuk memenuhi kebutuhan standarisasi scripting ini maka lahirlah ECMAScript.

Pemrograman JavaScript akan menangani tiga hal berikut ini:

  1. ECMAScript
    ECMAScript merupakan bahasa pemrograman yang utama. Seperti bahasa-bahasa pemrograman yang lainnya ada variable, function, loop dan lain-lain.
  2. DOM (Document Object Model)
    Pada HTML kita akan membuat tampilan awalnya dan memiliki struktur dalam DOM (Document Object Model). Javascript kemudian akan membuat pemrograman untuk mengakses DOM tersebut dan melakukan update tampilan mapun form interaksi sesuai kebutuhan aplikasi.
  3. BOM (Browser Object Model)
    BOM ini berhubungan dengan lingkungan browser

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Sejarah Javascript dan ECMAScript
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday