Dalam menjalankan bisnisnya perusahaan akan menitipkan barang atau melakukan konsinyasi kepada dealer yang menjadi customernya. Sebelum menitipkan barang kepada dealer,  perusahaan dapat meminta deposit yang nanti akan dipakai untuk pemotongan tagihan saat ada penjualan yang dilakukan dealer.

Proses administrasi pembayaran deposit dari dealer atau customer adalah seperti berikut ini

  1. Pencatatan pembayaran di Customer Payment

    Dari aplikasi Accounting kita masuk Customers – Payments seperti gambar di atas.


    Kita melanjutkan dengan Create Payments seperti gambar di atas.


    Silahkan mengisi form pembayaran deposit dari customer seperti gambar di atas dan lanjutkan dengan Save dan juga Confirm.


    Tampak informasi customer payment yang sudah dicatat dalam aplikasi.
  2. Pencatatan pembayaran di Bank Statement (Optional, bisa nanti)

    Bagian kas dan bank kemudian mengecek di pembayaran bank dan Create Statement seperti gambar di atas.


    Silahkan mengisi bank statement seperti di atas dan lanjutkan dengan Save dan juga Post.
  3. Rekonsiliasi antara bank statement dan customer payment (optional, bisa nanti)

    Kita kemudian memulai rekonsiliasi antara bank statement dan customer payment seperti gambar di atas.


    Silahkan melakukan Validate seperti gambar di atas.
    Tampak rekonsiliasi berhasil.
  4. Informasi pembayaran deposit yang sudah dilakukan dealer

Perusahaan kemudian mengirimkan sejumlah barang kepada dealer tersebut. Kemudian dealer melakukan penjualan dan melaporkan ke perusahaan.

Perusahaan kemudian membuat sales order dan mencatat pengiriman seperti berikut ini.

  1. Pembuatan sales order



  2. Pencatatan pengiriman barang ke dealer





Pembuatan customer invoice dan penerapan deposit

  1. Membuat customer invoice



  2. Apply deposit ke customer invoice

    Setelah kita melakukan Confirm pada Customer Invoice maka tampak ada informasi Outstanding Payment dari Customer. Kita kemudian akan melihat bagian bawah dari Customer Invoice seperti gambar di bawah ini.

    Kita kemudian mengklik Add untuk melakukan penerapan deposit ke customer ini.
  3. Tagihan yang sudah dikurangi dengan deposit

    Tampak informasi customer invoice yang sudah dikurangi dengan pembayaran deposit.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

Dealer/Customer Deposit pada Odoo ERP

One thought on “Dealer/Customer Deposit pada Odoo ERP

Comments are closed.

× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday