Kita sudah membahas mengenai pentingnya ABC (Activity Based Costing) dalam menentukan unit cost suatu produk secara akurat. Tetapi bagaimanakah cara mendapatkan data ABC costing ini ?

Untuk mendapatkan data ABC atau data Activity Based Costing kita dapat melakukan

  1. Interview
    Di sini kita akan mewancara semua karyawan kemudian team Acitivity Based Costing akan menganalisa. Cara ini cukup lama dan memakan waktu dan pikiran. Setiap produk akan ditanyakan mengenai proses, dengan informasi mengenai bahan dan waktu yang digunakan.
  2. Storyboarding
    Cara kedua adalah team Activity Based Costing menyediakan suatu papan kemudian sudah diberikan flowchart garis besar. Kemudian setiap karyawan dipanggil, kemudian menuliskan bagian-bagiannya dengan informasi kunci ke dalam kertas-kertas semacam post it. Di sini team ABC akan lebih mudah memahami karena adanya bentuk gambar yang lebih mudah dipahami. Setiap karyawan akan menuliskan mengenai aktivitas penting dan waktu serta bahan yang digunakan

Karena aktifitas-aktifitas ini melibatkan banyak department maka team ABC (Activity Based Costing) ini harus berisi staf-staf dari berbagai department perusahaan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Mengumpulkan data ABC (Activity Based Costing)

Odoo ERP merupakan aplikasi lengkap untuk otomatisasi proses bisnis perusahaan anda.
Jika anda tertarik dengan Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday