Dalam percakapan sehari-hari mungkin kita pernah mendengar kata modal kerja dan kita mungkin belum tahu apa maksudnya. Modal kerja dalam bahasa Inggris adalah working capital. Pengertian working capital atau modal kerja adalah selisih antara current asset dengan current liabilities. Atau dalam bahasa Indonesia kita dapat memahami bahwa modal kerja adalah selisih antara aset lancar dengan kewajiban lancar.

Secara umum modal kerja ini merupakan ruang nafas perusahaan dalam kelincahan perusahaan bergerak. Jika aset lancar banyak dan kewajiban lancar sedikit maka tentu dengan mudah kita melihat bahwa perusahaan memiliki aset melimpah. Sebaliknya jika kewajiban lancar sangat besar, sedangkan aset lancar sedikit maka kita akan melihat bahwa perusahaan memiliki kesulitan keuangan. Ya secara umum memang demikian.

Working capital juga perlu dikendalikan untuk menyeimbangkan cost dan benefit, atau dalam bahasa Indonesia kita dapat mengatakan bahwa modal kerja perlu dikontrol untuk menyeimbangkan antara biaya dan manfaat.

Tetapi meskipun demikian kita juga harus berhati-hati, jika aset kas yang sangat lancar itu banyak diinvestasikan ke dalam aset lancar inventory, maka bisa berbahaya jika tidak cepat terjual kembali karena perusahaan mungkin dapat mengalami kesulitan keuangan dalam membayar pengeluaran-pengeluaran lainnya. Dengan demikian maka manajemen aset lancar perlu banyak bijaksana yang harus dipikirkan.

Piutang atau account receivable merupakan modal kerja yang penting karena terkait dengan pendapatan perusahaan. Tentu saja piutang yang kemudian dikonversikan menjadi kas juga lebih penting lagi bagi kelincahan perusahaan untuk bergerak. Perubahan dalam modal kerja atau perubahan dalam working capital juga mempengaruhi arus kas.

Berkaitan dengan arus kas, penyesuaian positif terhadap arus kas jika:
– Menurunnya aset lancar selain kas
– Meningkatnya kewajiban lancar .

Sebaliknya penyesuaian negatif terhadap arus kas jika:
– Meningkatnya aset lancar selain kas
– Menurunnya kewajiban lancar.

Untuk kepentingan analisa, perusahaan dapat membandingkan modal kerja dari satu tahun ke tahun yang lain, juga dapat dibandingkan dengan perusahaan yang sejenis.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »