Pernahkah kita mengedit source code secara langsung di cPanel kemudian tampilan tiba-tiba hilang ? Kita kemudian mencari file error_log tetapi juga tidak menemukan filenya ? Atau kita sudah menemukan file error_lognya tetapi tidak menemukan apa-apa ? Pada artikel kali ini kita akan membahas proses debuging programming pada cPanel yang menggunakan sistem operasi Cloudlinux.

Kalau kita mengingat instalasi PHP maka kita pasti mengingat php.ini. File php.ini merupakan seting mengenai behavior dari PHP. Salah satu behaviornya adalah berkaitan menampilkan pesan error. Kita tahu bahwa saat development kita pasti ingin menampilkan pesan error karena kita ingin memperbaiki error yang terjadi.

Tetapi seting php.ini berbeda untuk production. Dalam production pesan error bisa menjadi senjata penyerang untuk menyerang aplikasi kita. Oleh karena itu dalam lingkungan production, pesan error tidak ditampilkan.

Tetapi bagaimana jika keadaan darurat dan kita ingin mengetahui pesan errrornya ? Berikut akan disajikan bagaimana menampilkan pesan error ini, tentu saja untuk keadaan darurat ya. Setelah semua masalah teratasi, matikan seting menampilkan pesan error ini.

Untuk menampilkan pesan error ini silahkan masuk ke cPanel. Langkah selanjutnya adalah mengklik MultiPHP INI Editor, pilih home directorynya, Enable display_errors, dan klik Apply. Silahkan anda melakukan dedug program anda, dan jika sudah selesai silahkan disable display_errors.

Untuk lebih jelasnya silahkan melihat gambar berikut ini:

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« |