Dalam membicarakan virtualisasi data center kita pasti mendengar dan menggunakan hypervisor. Namun mungkin kita masih bingung apa yang dimaksud dengan hypervisor ini. Hypervisor ini merupakan aplikasi ataupun perangkat keras yang dapat membuat, menjalankan dan melakukan manajemen virtual machine.

Sebuah server di mana hypervisor dijalankan disebut host machine. Masing-masing virtual machine yang dihasilkan oleh hypervisor disebut guest machine. Operating system yang digunakan oleh guest machine ini disebut guest operating system. Perangkat yang dilihat oleh guest operating system merupakan virtual operating platform yang disediakan oleh hypervisor.

Klasifikasi hypervisor ada 2 yaitu

  1. Tipe 1: Bare-metal hypervisor
    Di sini hypervisor langsung menangani perangkat keras, melakukan manajemen perangkat keras dan menyediakannya kepada virtual machine.
     
  2. Tipe 2: Host hypervisor
    Untuk host hypervisor ini hypervisor berhubungan dengan operating system untuk mengakses perangkat keras. Hypervisor Proxmox VE termasuk dalam category ini.

Gambar untuk Type 1 dan Type 2 hypervisor dapat dilihat di https://en.wikipedia.org/wiki/Hypervisor seperti gambar berikut ini:

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi https://en.wikipedia.org/wiki/Hypervisor .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.