Secara umum pengertian hacking adalah mencoba memasuki sistem dengan cara yang tidak seharusnya. Ada yang melakukan hacking dengan seijin pemilik sistem, ada juga yang melakukan hacking tanpa mendapatkan persetujuan dahulu dari pemilik sistem.

Jenis-jenis serangan dalam serangan siber adalah

  1. Black-hat hacker
    Hacker jenis black-hat ini merupakan hacker yang melakukan hacking tanpa seijin dari pemilik sistem atau pemilik jaringan. Dengan demikan maka aktifitas dari hacker tipe black-hat merupakan pelanggaran hukum.
  2. White hat hacker
    Hacker tipe white-hat ini hanya akan melakukan hacking sesuai ijin yang diberikan. Hacker jenis white-hat ini merupakan hacker yang baik karena tidak akan menyalahgunakan temuan yang didapatkan. Hacker tipe white-hat akan memberikan saran bagaimana meningkatkan keamanan jaringan dan keamanan aplikasi.
  3. Script kiddies
    Tipe jenis ini adalah melakukan hacking untuk hal-hal yang lucu-lucu. Biasanya hanya mengandalkan tutorial praktis dari Youtube.
  4. Spy hacker
    Spy hacker ini melakukan hacking dalam langka pengintaian.
  5. Cyber terrorist
    Cyber terrorist adalah teroris siber yang melakukan aktifitas hacking untuk melakukan teror.
  6. State sponsored hacker
    Pada state sponsored hacker ini adalah aktifitas hacking yang didanai oleh suatu negara. Tentu ada tujuan khusus berkaitan dengan kepentingan negara yang mendanainya.
  7. Hacktivist
    Hacker hacktivist ini melakukan hacking dengan agenda politik, agenda ekonomi atau agenda kepercayaan tertentu

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jenis-jenis Hacker dalam Serangan Siber
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday