Berkaitan dengan aplikasi yang dijalankan di server kita sering mendengar kata on premises. Setelah mencoba menelusurinya kita mendapatkan informasi bahwa on premises ini diartikan sebagai in building. Dalam pengertian bahasa Indonesia kita memahaminya bahwa kita meletakkan server di suatu gedung, menginstal sistem operasi dan menjalankan aplikasi kita.

Jika server diletakkan di dalam gedung tersebut, berarti harus ada departemen TI (teknologi informasi) yang menjaga server tersebut baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Di sini pihak vendor sudah melepas semuanya ke depertemen Teknologi Informasi.

Dalam perkembangannya baik karena pertimbangan biaya dengan kepraktisa, aktivitas pemeliharaan server ini mulai dibagi tugasnya antara pihak pengguna dengan vendor. Dari halaman yang ada di http://community.kii.com/t/iaas-paas-saas-whats-that/16 kita mendapatkan gambar seperti gambar berikut ini 

Jika kita melihat gambar di atas maka ada pembagian tugas antara ‘You’ dan ‘Others’. You di sini berarti Departeman IT perusahaan pengguna dan Other berarti vendor. Pada jenis On-Premises ini mungkin saja saat instalasi dikerjakan oleh Vendor tetapi pemeliharaan server dilakukan oleh Departemen IT. Departemen IT harus memastikan bahwa server mendapat pasokan listrik yang terus-menerus tanpa mati. Departemen IT harus memastikan bahwa suhu ruangan cukup dingin supaya komponen perangkat keras bekerja dengan baik dan tidak rusak.

Departement IT juga harus memperhatikan perangkat lunak yang dipakai. Perangkat lunak dalam jangka waktu tertentu biasanya perlu melakukan update. Di sini Department IT harus melakukan update. 

Berkaitan dengan pengamanan data, Departemen IT harus melakukan backup secara rutin. Berkaitan dengan konfigurasi server, Departemen IT harus menguasi teknologi yang dipakai antara lain teknologi virtualisasi, teknologi storage, teknologi backup recovery dan sebagainya.

Dari penjelasan ini terlihat bahwa untuk skenario ON Premises membutuhkan kualitas Departemen IT dengan kemampuan dan keahlian cukup tinggi.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. http://community.kii.com/t/iaas-paas-saas-whats-that/16
2. https://en.wikipedia.org/wiki/On-premises_software .
3. https://aws.amazon.com/types-of-cloud-computing/ .
4. https://aws.amazon.com/elasticbeanstalk/ .

 

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »