Articles

Pengertian CSF (Critical Success Factor)

Dalam manajemen strategi, perusahaan akan memperhatikan faktor-faktor yang akan menentukan keberhasilan implementasi strategi perusahaan. Inilah yang disebut CSF atau Critical Success Factor. Jadi CSF atau Critical Success Factor ini merupakan istilah dalam manajemen yang menunjukkan hal-hal yang diperlukan perusahannya agar dapat mencapai visi misi perusahaan.

Jika pada artikel-artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai KPI atau Key Performance Indicator maka KPI ini merupakan penterjemahan lebih terinci bagaimana mencapai CSF atau Critical Success Factor yang sudah dicanangkan perusahaan.  Pada CSF ini perusahaan akan menanyakan hal-hal apa yang bisa membuat perusahaan menang dalam persaingan dan terus bertumbuh, sedangkan KPI akan menjawab indikator apakah yang kita bisa melihat sebagai tanda kesuksesan perusahaan.

Dalam menentukan CSF ini perusahaan perlu mempertimbangkan situasi pasar, situasi persaingan, kesempatan, sumber daya fisik perusahaan, sumber daya manusia perusahaan,  kelebihan dan kekurangan perusahaan.  Supaya penentuan Crtical Success Factor ini akurat maka perusahaan perlu memahami dengan seksama hal-hal tersebut. Kegagalan memahami situasi pasar, situasi persaingan, kesempatan, sumber daya fisik perusahaan, sumber daya manusia perusahaan,  kelebihan dan kekurangan perusahaan akan menyebabkan pembuatan Critical Success Factor yang salah. Kegagalan membuat CSF yang tepat dapat dipastikan akan menghasilkan kegagalan perusahaan karena perusahaan kemungkinan mengalami kesulitan dalam berkompetisi ataupun juga menang kompetisi tetapi mengalami kerugian secara keuangan.

Jika kekuatan perusahaan adalah operasional yang sangat efisien maka perusahaan dapat masuk ke cost leadership. Di sini Critical Sucess Factor adalah peningkatan volume penjualan,  penurunan biaya produksi, dan  penurunan biaya distribusi. Dari CSF ini maka dibuatlah KPI-KPI untuk meningkatkan volume penjualan, menekan biaya produksi dan membangun jalur distribusi yang efektif dan efisien.

Jika kekuatan perusahaan adalah membuat produk yang unik dan berkualitas tinggi maka inovasi dan kepuasan pelanggan merupakan CSF atau Critical Factor Success. Di sini KPI-KPI bisa diarahkan kepada inovasi produk dan kepuasan pelanggan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Other Human Resource Management Articles:
Pengertian Moodle online Learning Management System
Melakukan cascading KPI
Penentuan KPI yang baik
Result Indicator dan Performance Indicator
Pengertian CSF (Critical Success Factor)
Pendelegasian dan pemantauan KPI
Pengertian KPI (Key Performance Indicator)
Pengertian Balance Scorecard dan KPI
Pengukuran performance berdasarkan hasil
Pendekatan tingkah laku dalam pengukuran kinerja
Pendekatan pengukuran performance