Dari frase yang digunakan kita dapat memahami adanya sistem untuk pengelolaan pengetahuan. Dengan demikian kita dapat menebak bahwa knowledge manajemen merupakan usaha bagi perusahaan atau institusi untuk membuat pengelolaan pengetahuan-pengetahuan penting yang sangat berguna bagi operasional dan kemajuan perusahaan. Dengan bertambahnya kata system berarti ada penanganan yang lebih otomatis dan sistematis. Penanganan dengan otomatis dan sistematis ini tentu didukung oleh sebuah aplikasi pengelolaan pengetahuan.

Berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia (SDM)  atau human resources management (HRM), perusahaan perlu memikirkan knowledge management system yang dapat diakses oleh seluruh karyawan sehingga karyawan dapat memperoleh informasi yang cepat mengenai hal-hal yang dapat meningkatkan tingkat produktivitas dalam mengerjakan tugas-tugas pekerjaannya.

Aplikasi Knowledge Management system ini dapat diisi oleh staf-staf senior perusahaan yang memiliki keahlian-keahlian yang dapat ditularkan kepada rekan-rekan kerja perusahaan. Dalam Knowledge Management System ini pasti berisi informasi dari berbagai disiplin ilmu karena perusahaan pasti terdiri dari berbagai staf yang ahli dalam hal pemasaran, kepemimpinan, teknikal, keuangan, sumber daya manusia dan lain sebagainya. Dengan demikian di sini kita harus panda-pandai membuat kategori supaya karyawan mudah melakukan browsing.

Informasi pasti akan semakin berkembang, dan kategori-kategori mungkin juga semakin banyak sehingga untuk melakukan browsingpun juga semakin kompleks. Untuk itu dalam knowledge management system ini perlu adanya system pencarian dengan masukan atau input suatu frase tertentu. Dengan cara ini maka untuk mendapatkan informasi secara cepat, karyawan tinggal melakukan searching atau pencarian dan aplikasi knowledge management system.

Seiring dengan semakin kompleksnya informasi yang masuk ke knowledge management system ini, maka tentu ada informasi yang tidak relevant dengan keadaan saat ini. Untuk perlu dipikirkan seorang editor yang dapat mengupdate Knowledge Management System. Editor ini dapat menyembunyikan informasi yang tidak relevant ini sehingga pengguna hanya mendapatkan informasi yang relevant saja.

Implementasi paling mudah membuat Knowledge Management System adalah membuat website yang isinya dapat ditambahkan, diedit, disembunyikan, dihapus dengan mudah. Perlu juga adalanya manajemen kategori.

Informasi lebih lanjut mengenai Knowledge Management dapat diabaca di https://en.wikipedia.org/wiki/Knowledge_management .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian knowledge management system
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday