Modul Qt QML menyediakan class-class C++ yang mengimplementasikan framework QML. Client dapat menggunakan class ini misalnya untuk berinteraksi dengan QML run-time dan membuat instan sebuah hirarki object dalam dokumen QML.
Contoh dalam berinteraksi dengan QML run-time antara lain memberikan data datau atau memanggil method pada suatu object.

Class-class C++ penting yang disediakan Qt QML antara lain:

  1. QML Runtime: QQmlEngine, QQmlComponent, QQmlContext
      
  2. QQmlExpression

Suatu aplikasi QML yang umum akan dimulai saat program di C++ misalnya di main membuat instat dari QQmlEngine dan mengggunakan QQmlComponent untuk membuka sebuah dokumen QML. Engine ini akan menyediakan default QQmlContext yang akan menyediakan konteks untuk melakukan eveluasi function dan expression yang didefinisikan dalam dokumen.
Client mungkin ingin memodifikasi QQmlContext misalnya melakukan inject property atau object ke dalam context.
Setelah membuat instant object, client dapat melewatkan control ke application event loop supaya user input misalnya klik mouse dapat dikerjakan dengan baik oleh aplikasi.

Qt Quick modul juga menyediakan class QQuickView yang menediakan runtime dan tampilan visual untuk menampilkan aplikasi QML.

Informasi lebih lanjut mengenai class-class C++ penting yang disediakan modul Qt Qml ini dapat dibaca di http://doc.qt.io/qt-5/qtqml-cppclasses-topic.html .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.