Dalam mengembangkan suatu aplikasi berbasis web mungkin kita menerima tantangan berkaitan dengan penggunaan perangkat keras misalnya pencetakan ke printer barcode. Pada sisi client ada program khusus yang dibuat menggunakan bahasa C# untuk mencetak ke barcode printer. Di sini PHP akan memberikan data ke program khusus tersebut dan program tersebut akan mencetak ke barcode. Di sini kita akan membuat jembatan agar data yang diberikan PHP dapat diterima program C# tadi dan kemudian dicetak ke printer.

Untuk membuat agar data PHP dapat dilinkan ke program C# tersebut, kita dapat membuat kesepakatan mengenai extension yang akan digunakan. Tentu saja kita harus menggunakan extensioan baru yang belum digunakan pada komputer client kita. Sebagai contoh kita akan membuat suatu extension khusus misalnya .cetak sebagai kesepakatan antara PHP dan program C# kita.

Pada artikel kita telah http://www.proweb.co.id/articles/cs/direct_print.html membahas membuat program yang akan mencetak secara langsung ke dafault printer. Program ini akan mencetak file yang menjadi parameter pertama.

Langkah-langkah menghubungkan program PHP dengan program C# kita adalah

  1. Membuat source code dalam PHP yang menghasilkan output .cetak sepertio berikut ini

    <?php
    $filename=”12″;
    header(‘Content-Disposition: attachment;filename=”‘.$filename.’.cetak”‘);
    echo “Tulisan ini akan dicetak pada ” . date(“Y-m-d H:i:s”,time());
    ?>

      

  2. Menjalankan program

      Terlihat bahwa extension .cetak belum ada yang menghandle
      
  3. Menghubungkan ke program C#

    Silahkan memilih Other seperti gambar di atas. 
      


    Silahkan memilih program ContohCetak yang pernah dibuat seperti dibahas pada http://www.proweb.co.id/articles/cs/direct_print.html .
      
     
      

  4. Dengan cara ini maka setiap program PHP mengeluarkan file dengan extension .cetak maka akan diterima oleh program ContohCetak dan kemudian dicetak ke perangkat printer.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.