Articles

Konsep present value

Kita pasti mengenal konsep bunga bank dari uang yang kita simpan dalam bank. Sebagai contoh jika kita hari ini mendapatkan pembayaran dari pelanggan kita uang sebesar 10 juta  dan kemudian memasukkan uang tersebut ke bank dengan tingkat bunga 10% per tahun. Maka dalam waktu 1 tahun lagi kita akan menerima bunga sebesar 10% yaitu sebesar 1 juta. Saldo tabungan kita akan menjadi 10 juta + 1 juta = 11 juta pada waktu tersebut.

Bagaimana jika kita pelanggan tersebut mengatakan akan membayar kepada kita dalam 1 tahun lagi. Jika pelanggan membayar 10 juta pada setahun lagi maka kita hanya menerima 10 juta. Dengan demikian kita akan kehilangan 11 juta - 10 juta = 1 juta jika pelanggan membayar tagihan kita pada akhir tahun.

Dari penjelasan di atas, maka kita melihat bahwa jumlah uang sama yang kita terima sekarang mempunyai nilai yang berbeda jika kita terima sejumlah uang yang sama dalam waktu yang berbeda. Jadi nilai sekarang berbeda dengan nilai setahun lagi, dua tahun lagi dan seterusnya. Inilah yang melahirkan present value concepts atau konsep nilai sekarang. Di sini uang memiliki time value of money atau uang memiliki nilai waktu.

Secara sederhana kita kita melihat bahwa dengan tingkat suku bunga sebesar 10%, maka nilai uang kita setahun lagi adalah sebesar 110% atau 1,1 kalinya. Bagaimana jika dibalik ? Jika setahun lagi kita menerima sebesar 11 juta maka nilai saat ini adalah 1/1.1 nya atau sebesar 10 juta. Jika setahun lagi kita menerima 1 maka kita akan menerima sebesar 1/1.1.

Secara rumus matematika, present value untuk suatu nilai  (present value of single account) adalah:

present value = 1/(1+i)n , di mana i adalah tingkat suku bunga dan n adalah tahun.

Untuk memudahkan penghitungan present value dari satu nilai ini maka kita bisa membuat tabel present value dengan variable suku bunga dan tahun. Silahkan mencari informasi present value table dengan melakukan pencarian pada mesin pencari dengan kata kunci 'present value table'. Salah satu hasil pencarian adalah http://www.principlesofaccounting.com/ART/fv.pv.tables/presentvalue1.PNG .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Other Akuntansi Articles:
Standar Akuntansi Indonesia
Pembukuan penjualan dengan mata uang asing
Pembukuan kewajiban dengan anuitas
Pembukuan akuntansi present value
Nilai sekarang dari tunjangan hidup
Konsep present value
Kewajiban sewa guna usaha
Kewajiban panjang panjang
Working capital atau modal kerja
Perkiraan kewajiban atau estimated liabilities
Wesel bayar atau notes notable