Dalam mengembangkan aplikasi kita menginginkan aplikasi yang mudah digunakan dengan antar muka yang mudah dipahami, berfungsi sesuai tujuan aplikasi dibuat dan juga aman dari salah penggunaan dan juga aman dari serangan.

Namun demikian pada kenyataannya meningkatkan kemudahan pemakaian dapat mengurangi keamanan dan juga fungsionalitas. Demikian juga pada saat kita meningkatkan keamanan maka akan mengurangi kenyamanan dan fungsionalitas. Inilah yang disebut technology triangle atau segita teknologi yang memiliki sisi kegunaan antar muka (usability UI), fungsionalitas dan keamanan.

Contoh dilema kenyamanan, fungsionalitas dan keamanan dapat kita lihat pada Microsoft Windows. Pada waktu semua fitur IIS diaktifkan maka terasa web server IIS ini mudah digunakan lain tetapi di sisi lain menimbulkan celah keamanan.
Pada tahap berikutnya Microsoft Windows meningkatkan keamanan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai keamanan kepada pengguna. Ini akan meningkatkan keamanan tetapi mengurangi kenyamanan.

Secara keseluruhan orang memang senang dengan plug and play di mana perangkat ditancapkan dan langsung berjalan. Perusahaan juga berusaha menarik orang menggunakan aplikasinya dengan membuat kemudahan-kemudahan dan menyebabkan adanya kerawanan atau vulnerabilty. Di sinilah kita perlu menyeombangkan segitiga teknologi yaitu kemudahan, fungsionalitas dan keamanan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Keseimbangan Segitiga Teknologi dalam Keamanan Siber
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday