Perkembangan teknologi semakin hari semakin maju. Internet merupakan teknologi yang perkembangannya paling pesat saat ini. Orang dari berbagai kota besar dan kota kecil mudah sekali mengakses internet. Bahkan dengan akses internet yang disediakan oleh penyedia jasa telepon/telekomunikasi, orang-orang di pelosok telah bisa mengakses baik lewat komputer maupun lewat handphone maupun komputer tablet yang sekarang berkembang pesat. Bisa dipastikan hampir semua orang yang menggunakan smartphone telah menggunakan internet. Dengan demikian internet merupakan media yang bisa diakses semua orang.

Dengan tersedianya media yang bisa diakses semua orang, maka perusahaan yang ingin dikenal secara luas maupun perusahaan yang ingin menjaga hubungan dengan pelanggannya perlu membuat situs/website yang berisi informasi profil perusahaan maupun jasa/produk yang diberikan.

Manfaat dari website bagi perusahaan adalah
  

  1. Meningkatkan visibilitas/kehadiran perusahaan
    Dengan membuat website perusahaan berarti menambah visibilitas/kehadiran perusahaan. Bisa diibaratkan perusahaan membuka showroom (ruang pamer) yang baru
  2. Menyediakan informasi profil perusahaan secara detail
    Pada saat suatu perusahaan berhubungan dengan perusahaan lain yang baru dikenalnya (misal baru saja menerima penawaran), mungkin dia akan mencari tahu lebih mengenai profil perusahaan yang baru saja memberikan penawaran. Perusahaan ini harus mengetahui profil dari perusahaan lain yang mungkin akan menjadi rekanan perusahaan tersebut. Perusahaan tersebut dapat mencari informasi lebih dalam dalam website perusahaan rekanan.
  3. Mengkomunikasikan produk dan jasa perusahaan secara mendetail
    Dalam proses pemasaran, mungkin kita melakukan iklan di koran/majalah, iklan pada sebuah papan reklame, atau membuat brosur. Tempat/space yang disediakan dalam koran/majalah, papan reklame atau brosur pasti dibatasi dan tidak mudah untuk diubah informasinya.
    Sedangkan dalam website kita dengan mudah menambah informasi yang lebih mendetail dari produk-produk atau jasa-jasa yang kita tawarkan.  Jika perusahaan kita memiliki website maka kita hanya perlu meninggalkan alamat website/situs kita di dalam koran/majalah, papan reklame atau brosur untuk memudahkan orang atau perusahaan mendapatkan informasi lebih detail mengenai produk atau jasa yang kita ditawarkan.
  4. Mengingatkan calon pelanggan yang lupa
    Dalam proses pemasaran, calon pelanggan menerima informasi mengenai perusahaan dan jasa kita yang mungkin didapat melalui presentasi, melihat brosure, browsing atau melihat iklan. Calon pelanggan mungkin kehilangan kartu nama perusahaan kita dan saat membutuhkan jasa kita dia akan mencari di internet(search engine) dan melakukan pencarian dengan keyword nama perusahaan kita. Jika kita sudah memiliki perusahaan, maka calon pelanggan akan dengan mudah menemukan website kita dan kemudian menghubungi kita dan kita dapat menjual jasa/produk kita.
  5. Memudahkan pelanggan menghubungi kita
    Seperti kasus sebelumnya, pelanggan mungkin kehilangan kartu nama atau nomor telepon perusahaan kita. Pelanggan tentu mengingat nama perusahaan kita, kemudian melakukan pencarian di internet , mencari perusahaan kita, menemukan dan menghubungi kita kembali.
  6. Meningkatkan kualitas layanan pelanggan
    Dalam website kita dengan mudah menambahkan informasi-informasi yang terkait dengan produk atau jasa kita. Kita dapat menambahkan informasi mengenai hal-hal yang memecahkan persoalan yang mungkin dihadapi pelanggan. Informasi ini dapat langsung dibaca pelanggan atau sebagai pedoman bagi bagian support. Dengan demikian pelanggan mudah mendapatkan informasi mengenai keluhannya dan bagian support juga dipermudah dalam melayani pelanggannya. 
    Pelanggan dapat mencari sendiri mengenai jawaban atas keluhannya atau mengisi form support jika gagal menemukan. Setelah form support lengkap diisi, team support akan menrima keluhan pelanggan dan menindaklanjuti.
    Pelanggan dapat masuk ke website kita siang ataupun malam. Dengan cara ini pelanggan dapat dilayani 24×7 atau 24 jam sehari. 
    Dengan adanya website kita mempunyai peluang meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas akan terus menggunakan produk atau jasa kita, merekomendasikan perusahaan kita kepada orang lain dan meningkatkan pendapatan perusahaan.
  7. Meningkatkan kredibilitas perusahaan
    Perusahaan yang memiliki website akan terkesan maju dan modern. Dengan demikian maka kredibilitas perusahaan akan meningkat.

Itulah manfaat-manfaat dari website yang merupakan wakil perusahaan di dunia internet. PT Proweb Indonesia memahami manfaat-manfaat website ini dan meyediakan jasa pembuatan website dan juga pemeliharaannya yang memastikan website perusahaan anda dapat berjalan dengan lancar sehingga informasi mengenai perusahaan dan jasa-jasanya dapat dikomunikasikan dengan baik kepada calon pelanggan maupun  pelanggan anda.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

 

Manfaat website adalah memberikan informasi mengenai perusahaan kita, produk kita dan layanan kita kepada masyarakat luas melalui media internet. Itulah tujuan utama website yang dikaitkan dengan kehidupan bisnis.

Website juga merupakan bagian dari rencana pemasaran yang dibuat perusahaan. Dalam melakukan pemasaran, perusahaan merancang strategi pemasaran kemudian menerapkan strategi pemasaran itu kepada berbagai media. Pertama-tama akan dianalisa media yang paling tepat apakah televisi, majalah, radio ataupun media internet. Dalam setiap media ini, perusahaan disarankan untuk memberikan informasi website supaya yang melihat/mendengar iklan tersebut dapat mengunungi website untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Website juga bisa berfungsi sebagai media pemasaran langsung dengan melakukan SEO atau Search Engine Optimization. SEO dapat dilakukan dengan terus menambahkan content yang bagus-bagus kedalam website kita. Dengan SEO ini kita dapat mendatangkan banyak pengujung ke dalam website, tetapi tidak semua keyword yang kita inginkan dapat muncul.

Cara yang lebih baik supaya website bisa menjadi sarana pemasaran langsung adalah dengan iklan di search engine seperti Google karena kita bisa menentukan keyword yang kita inginkan. Tentu saja keyword tersebeut harus relevant dengan bisnis kita dan tidak melanggar hukum dan etika.

Secara umum manfaat website adalah menyediakan informasi-informasi yang ingin kita sampaikan kepada pengunjung dan juga informasi-informasi yang pengunjung ingin dapatkan.

Manfaat website yang lain adalah untuk memberikan citra/kesan kepada pengunjung. Image yang akan diberikan kepada pengunjung disampaikan melalui disain dan content website. Di sinilah web developer dan web designer berperan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »