Hosting adalah suatu jasa penyediaan server dan aplikasinya kepada pelanggan-pelanggannya. Satu server ini dipakai untuk banyak client supaya biayanya terjangkau. Hosting ini biasa dipakai untuk keperluan web server dan mail server. Web server bisa dipakai sebagai company profile, product catalog, gallery, portal komunitas, portal berita, portal perdagangan dan sebagainya. Mail server dipakai sebagai sarana komunikasi elektronis antara seorang dengan yang lain baik dalam perusahaan yang sama maupun berbeda perusahaan.

Web server dan mail server dan diletakkan di dalam server yang sama, tetapi bisa juga dipisah menjadi dua buah server. Pemisahan maupun penggabungan tergantung dari kebijakan masing-masing penyedia jasa. Penggabungan memiliki keuntungan mudahnya maintenance, sedangkan pemisahan memiliki keuntungan dalam hal pengaturan bandwidth.

Hosting semakin berkembang tidak terbatas pada web server dan mail server saja. Ada aplikasi-aplikasi lain seperti DNS server yang juga disewakan. Aplikasi DNS server yang sering disewakan biasanya terkait dengan Secondary DNS yang merupakan backup dari Primary DNS.

Secara tingkatan hosting dibagi menjadi :

  1. Shared hosting
    Tiap pelanggan mendapatkan sebuah username password untuk suatu website mereka
  2. Reseller Hosting
    Dalam hal reseller hosting, penyewa bisa memanage banyak client shared hosting dengan sebuah username dan password
  3. VPS (Virtual Private Server)
    Di sini pihak penyedia menyewakan sebuah servernya ke beberapa client saja, tetapi di mata client seolah-olah mempunyai server sendiri. Ini merupakan jembatan menuju ke dedicated server. Harganya lebih murah daripada dedicated server
  4. Dedicated server
    Di sini pihak penyedia menyediakan sebuah server secara fisik kepada penyewanya.    

Tergantung keperluan kita, kita bisa memilih shared hosting, reseller hosting, VPS atau dedicated server. Jika website yang ditangani satu saja lebih baik memakai shared hosting, jika lebih dari 5 silahkan memakai reseller hosting, di atas 50 lebih baik memakai VPS dan di atas 100 lebih baik memakai dedicated server.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.