Setelah top manajemen memformulasikan strategi maka langkah berikutnya adalah implementasi strategi. Pada saat implementasi strategi tentu harus ada pengawasan, evaluasi dan pengendalian strategi untuk memastikan efektitikas proses implementasi. Pemantauan juga diperlukan untuk melihat mungkin ada hambatan dan melakukan langkah penanganan hambatan tentunya. Dalam proses penanganan hambatan ini mungkin akan muncul strategi muncul baru.

Strategi sesuai rencana dan strategi baru yang muncul
Berbicara manajemen strategi kita mengenal dua macam strategi yaitu strategi yang direncanakan dan strategi baru yang muncul pada saat implementasi strategi.

Strategi yang direncanakan oleh top manajement adalah strategi yang dibuat berdasarkan pemikiran yang kuat dan kritis. Tentu saja hal ini sesuai dengan filosofi perusahaan, kekuatan perusahaan dan juga budaya perusahaan. Boleh jadi ini merupakan pemikiran tingkat atas atau pemikiran tingkat top manajement.

Sebaliknya orang-orang di lapangan mungkin lebih tahu apa yang sebenarnya terjadi. Ada kemungkinan ada strategi baru yang muncul yang lebih cocok diaplikasikan baik secara kasus tertentu maupun secara keseluruhan perusahaan. Di sinilah muncul strategi baru yang kita sebut saja strategi muncul baru.

Berkaitan dengan strategi yang telah dirumuskan oleh top manajemen, maka fungsi HRM (Human Resources Management) adalah mengembangkan sistem agar strategi tersebut dapat diimplementasikan oleh semua karyawan.

Berkaitan dengan strategi muncul yang baru, di sini fungsi HRM adalah mengkomunikasikan masukan strategi baru ini supaya dipertimbangkan oleh top manajemen. Di sini tentu top manajemenlah yang mengambil keputusan.

Untuk mengembangkan tingkat kompetitif perusahaan, perusahaan harus dapat membuat perusahaan sebagai learning system sehingga kemampuan sumber daya manusia semakin berkembang. Jika wawasan dan keahlian dari karyawan semakin manju, maka kualitas produk dan jasa perusahaan juga diharapkan semakin baik dan perusahaan memiliki lebih banyak peluang memenangkan persaingan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Evaluasi dan pengendalian strategi
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday