Kalau sebelumnya kita telah mempelajari prinsip-prinsip standar dalam menyeleksi calon karyawan, maka selanjutnya kita akan membahas metode penyeleksian calon karyawan. Setiap prinsip dalam standar penyeleksian harus diterapkan maksimal pada setiap metode seleksi calon karyawan.

Metode seleksi calon karyawan dapat dilakukan dengan

  1. Interview
    Dalam interview ini perusahaan akan mengundang pelamar untuk datang ke kantor. Pelamar kemudian akan bertemu staf departemen SDM (Sumber Daya Manusia) dan juga departmen terkait yang membutuhkan. Dalam pertemuan itu perusahaan akan melakukan wawancara atau interview kepada pelamar pekerjaan. Pelamar dapat menemui staf perusahaan satu persatu, dapat juga semua staf perusahaan datang bersama-sama melakukan wawancara.
     
  2. Referensi
    Pada saat pelamar melamar suatu pekerjaan, maka pelamar dapat menyertakan referensi dari tempat dia bekerja sebelumnya. Perusahaan dapat menghubungi perusahaan lamanya untuk mengecek sekaligus membuat perkiraan kemampuan pelamar untuk bekerja.
      
  3. Pengecekan latar belakang
    Perusahaan dapat mengecek latar belakang dengan melakukan searching terutama media sosial. Dari media sosial ini perusahaan dapat membuat perkiraan bagaimana karakter pelamar.
     
  4. Tes fisik
    Ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan syarat fisik dan kemampuan fisik. Di sini perusahaan dapat menilai kecukupan syarat fisik dan juga kemapuan fisiknya.
      
  5. Tes kemampuan kognitif
    Tes kemampuan kognitif ini test kemampuan pengetahuan.
     
  6. Contoh hasil kerja
    Perusahaan dapat melihat contoh hasil kerja sebelumnya untuk memperkirakan kemampuan pelamar. Perusahaan web design misalnya akan menilai portfolio yang dibuat oleh pelamar yang melamar web designer. Dari perkiraan  kemampuan pelamar ini maka perusahaan membuat pertimbangan lebih lanjut mengenai pelamar ini.
     
  7. Personal inventories
    Personal inventories ini akan mengumpulkan karakter pelamar apakah sesuai dengan karakteristik pekerjaan. Lowongan untuk manajer harus memiliki interpersonal yang baik, sedangkan lowongan untuk posisi web programmer haru memiliki ketekunan dan ketenangan yangh baik
     
  8. Test kejujuran
    Perusahaan dapat menyelenggarakan tes kejujuran untuk mendapatkan kandidat yang berintegritas
     
  9. Test penyalahgunaan obat
    Perusahaan dapat melakukan test apakah kandidat mengalami ketergantungan obat terlarang. Perusahaan tentu menginginkan kinerja karyawannya maksimal dan tidak terganggu obat-obatan terlarang

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Metode seleksi calon karyawan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday