Salah satu tugas bagian HRD (Human Resources Department) atau departemen pengembangan sumber daya manusia adalah merancang job description sesuai strategi dan kebutuhan perusahaan. Bagian HRD (Human Resources Department) ini akan membuat job description pada berbagai department yang ada di perusahaan mulai dari bagian pemasaran, produksi, layanan pelanggan, keuangan, akuntansi dan tentu saja departement HRD sendiri.

Dengan membuat job description bagi department lain, mau tidak mau staf HRD harus memiliki wawasan yang cukup luas mengenai department yang lain misalnya depatment produksi, pemasaran, keuangan dan akuntansi. Dengan demikian staf HRD yang diberi tugas membuat job description sebaiknya mengambil studi Master atau S2 Magister Manajemen untuk bisa mengerti hal-hal yang dikerjakan oleh departement yang lainnya.

Pada awal perkembangan departmen HRD mungkin dimulai dengan adanya departemen personalia yang mengerjakan hal-hal administratif seperti klaim pengobatan, pengurusan cuti, klaim biaya perjalanan dan lain sebagainya. Tetapi dengan perkembangan teknologi informasi yang cepat, hal-hal administrasi bisa dibuat otomasinya dengan menggunakan program. Dengan demikian maka departemen HRD saat ini sudah semakin sedikit melakukan hal-hal administrasi.

Peran HRD atau departemen sumber daya manusia kemudian banyak bergeser ke perancangan sumber daya manusia, perekrutan, penempatan, pengingkatan kualitas sumber daya manusia dan menjaga hubungan yang baik dengan seluruh karyawan perusahaan. Dari penjelasan ini maka peran departemen SDM dalam mendapatkan karyawan yang berkualitas sangat menentukan keberhasilan perusahaan menjalankan misi perusahaan.

Dari penjelasan di atas maka departemen HRD dianggap sama penting dengan depertemen lainnya seperti pemasaran, produksi, keuangan dan akuntansi. Di sinilah HRD berperan sebagai partner bagi perusahaan dalam menjalankan misi perusahaan supaya tetap mempertahankan competitive advantage dan juga menjaga market share dari perusahaan. Departemen pengembangan SDM akan duduk bersama eksekutif-eksekutif bagian lain dalam penentuan dan pencapaian gol perusahaan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Peranan departemen sumber daya manusia
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday