Setelah kita membuat perkiraan kebutuhan pekerja dengan analisa yang cermat, kita kemudian akan menganalisa pasokan-pasokan tenaga kerja yang akan kita pertimbangkan untuk mengisi kebutuhan tenaga kerja sesuai yang telah kita buat dalam perkiraan itu.

Dalam menentukan pasokan tenaga kerja tersebut kita akan menganalisa karyawan-karyawan yang telah mengisi posisi-posisi tersebut. Analisa juga dilanjutkan dengan kemungkinan perubahan karena pensiun, promosi, pemindahan pekerjaan, karyawan yang mengundurkan diri maupun kemungkinan pemecatan.

Berkaitan dengan kebutuhan pekerja, kita dapat mempertimbangkan dengan data statistik historis sebelumnya atau kita dapat membuat penilaian sendiri. Berkaitan dengan analisa statistik, kita dapat melakukan analisa data sebelumnya dengan membuat transitional matrix. Dalam transitional matrix ini kita akan melihat pergerakan jumlah pekerja dari luar dan masuk ke perusahaan, pergerakan jumlah pekerja dari satu posisi ke posisi lain, dan pergerakan jumlah pekerja yang keluar dari perusahaan.

Pada transitional matrix ini kita dapat melihat pergerakan karir dari karyawan-karyawan. Selain berguna dalam membuat perkiraan mengenai pasokan tenaga kerja yang berasal dari internal perusahaan ini, departemen SDM juga dapat merancang karir bagi karyawan-karyawan untuk membuat karyawan lebih bermotivasi dalam bekerja. 

Kegunaan lain dalam pembacaan data pada transitional matrix ini adalah kita dapat mengetahui dari mana saja suatu posisi tersebut mendapatkan pekerja. Kita akan dapat melihat sumber tenaga kerja dari posisi tersebut apakah dari promosi, dari rekruitmen karyawan yang baru atau dari transfer pekerjaan.

Dari data historis mengenai pergerakan pekerja tersebut kita dapat memperkirakan mengenai kelebihan pekerja ataupun kekurangan pekerja pada saat mendatang. Jika dalam beberapa tahun ke depan ternyata perusahaan cenderung mengalami kelebihan pekerja, maka aktivitas rekruitment bisa dikurangi. Sebaiknya jika dalam beberapa tahun ke depan perusahaan mengalami kekurangan pekerja, maka aktivitas rekruitmen dapat ditingkatkan.

Tentu saja ada faktor-faktor di luar yang mempengaruhi pasokan tenaga kerja misalnya tingkat pengangguran. Pada saat krisis ekonomi, maka angka pengangguran akan naik dan jumlah pelamar pekerjaan juga akan naik. Sebaliknya pada saat ekonomi membaik, maka angka pengangguran turun dan jumlah pelamar juga turun.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai transitional matrix silahkan mencari di Google dengan frase ‘transitional matrix.’

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Memperkirakan pasokan pekerja
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday