Perusahaan menjalankan performance management memiliki tiga tujuan yaitu berkaitan dengan strategi perusahaan, untuk kepentingan administrasi dan juga untuk pengembangan sumber daya manusia. Berikut akan dibicarakan masing-masing dari tujuan tersebut.

Tujuan dari performance management adalah

  1. Menyatukan strategi perusahaan
    Perusahaan yang berkomitmen dengan strategi perusahaan akan menyusun perencanaan detail dari sisi corporasi, dibagi dalam divisi, dibagi dalam bagian dan sampai kepada detil kepada setiap karyawan. Perusahaan kemudian membuat target pada setiap karyawan sesuai strategi perusahaan. Pada saat evaluasi kinerja, maka atasan akan memberikan evaluasi sesuai target yang telah ditetapkan sesuai strategi perusahaan. Melalui performance management ini perusahaan berusaha mengimplementasikan strategi perusahaan ke semua karyawan. Dengan demikian melalui performance management ini perusahaan berusaha menyatukan seluruh sumber daya manusia agar mensukseskan gol dari perusahaan yang dirumuskan dalam strategi perusahaan.
      
  2. Administrasi pegawai
    Organisasi menggunakan performance management untuk kepentingan gaji dan karir karyawan tersebut. Dari informasi kinerja ini perusahaan akan menentukan kenaikan gaji, bonus, promosi, demosi, pensiun dini dan sebagainya. Atasan harus memberikan penilaian yang obyektif berkaitan hal ini karena penilaian yang tidak obyektif akan membuat demotivasi karyawan dan juga penurunan kinerja perusahaan.
      
  3. Pengembangan sumber daya manusia
    Dari informasi performance management ini kita dapat belajar bagaimana nmeningkatkan efektifitas kerja dan peningkatan produktivitas karyawan. Dari informasi ini kita dapat merancang training atau pelatihan apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan produktifitas karyawan.
      
    Karyawan yang menurun produktivitasnya perlu dicari tahu penyebabnya, jika penyebabnya kurang trampil maka perlu diberikan pelatihan. Jika masalahnya karena keuangan, maka perusahaan perlu menolong bagaimana mengatasinya sehingga karyawan dapat meningkatkan produktivitasnya. Jika masalahnya karena kurang motivasi maka atasan dapat memberikan motivasi mengenai arti penting pekerjaan yang dia kerjakan.

Dari berbagai tujuan yang mungkin dapat dicapai dari performance management, maka performance management ini merupakan hal wajib bagi perusahaan yang selalui ingin bertumbuh dan berkembang melalui aktivitas karyawan-karyawannya.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Tujuan performance management
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday